Israel Beri Ukraina Informasi tentang Drone Iran yang Digunakan Rusia

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 09:19 WIB
loading...
Israel Beri Ukraina Informasi tentang Drone Iran yang Digunakan Rusia
Puing dari drone kamikaze Shahed-136 buatan Iran yang ditembak jatuh di Kupiansk, Ukraina. Israel disebut telah memasok informasi ke Ukraina tentang drone Iran yang digunakan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Israel telah memberi Ukraina data intelijen tentang pesawat tak berawak (drone) Iran yang digunakan Rusia dalam invasinya.

Hal itu diungkap New York Times dalam laporannya yang mengutip seorang pejabat senior Israel. Menurut laporan itu, yang dilansir Jerusalem Post, Jumat (14/10/2022), sebuah perusahaan swasta Israel juga memberikan citra satelit kepada Ukraina tentang posisi pasukan Rusia.

Pejabat Ukraina, Amerika Serikat, dan Inggris mengonfirmasi bahwa pasukan Rusia telah menggunakan beberapa varian drone Iran dalam kampanye militernya di Ukraina setidaknya sejak Agustus.



Secara khusus, Moskow telah menggunakan drone kamikaze Shahed-136. Namun, menurut intelijen Inggris, kinerja kendaraan udara tak berawak (UAV) Iran itu buruk.

“UAV ini lambat dan terbang di ketinggian rendah, membuat satu-satunya pesawat mudah ditargetkan menggunakan pertahanan udara konvensional,” kata Kementerian Pertahanan Inggris.

"[Tetapi] ada kemungkinan nyata bahwa Rusia telah mencapai beberapa keberhasilan dalam serangannya dengan beberapa UAV secara bersamaan."

Ketegangan diplomatik telah meningkat antara Ukraina dan Iran atas pasokan pesawat tak berawak ke Rusia, menyebabkan akreditasi duta besar untuk Kiev ditarik dan misi diplomatik berkurang.

Pejabat Teheran dan Moskow telah membantah penggunaan UAV Iran oleh Rusia di Ukraina.

Dalam pidato 6 Oktober, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengejek penyangkalan tersebut, dengan mengatakan: "Orang-orang melihat mereka di langit. Kami menembak jatuh mereka. Tetapi kami diberitahu bahwa diduga tidak ada drone Iran di Ukraina. Ya, kami akan menemukan cara untuk memastikan tidak ada yang tersisa, memang."

Militer Ukraina mengEklaim telah menembak jatuh banyak drone Shahed-136 yang diluncurkan oleh Rusia. Dalam gelombang serangan hari Senin, 60% dari 86 armada drone dilaporkan ditembak jatuh.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)