Jadi Target Penculikan, Putri Mahkota Belanda Dijaga Ketat

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 07:30 WIB
loading...
Jadi Target Penculikan, Putri Mahkota Belanda Dijaga Ketat
Putri Mahkota Belanda Catharina-Amalia dijaga ketat di istana karena menjadi target penculikan para penjahat. Foto/REUTERS
A A A
AMSTERDAM - Putri Mahkota Belanda Catharina-Amalia berada di bawah penjagaan ketat di istana karena menjadi target penculikan penjahat.

Hal itu diungkap kantor berita Belanda ANP pada hari Kamis, mengutip orang tuanya; Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima.

"Dia hampir tidak bisa meninggalkan rumah," tulis ANP mengutip Ratu Maxima selama kunjungan kenegaraan ke Swedia bersama Raja Willem-Alexander.

Putri Amalia (18), pewaris takhta Belanda, mulai belajar di Universitas Amsterdam bulan lalu dan telah pindah ke sebuah apartemen di Amsterdam.

Baca juga: Nikaragua Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Belanda karena Bersikap Penjajah

Namun, orangtuanya sekarang mengatakan kekhawatiran akan keselamatannya telah memaksa sang putri untuk pindah kembali ke istana kerajaan Huis ten Bosch di Den Haag.

Bulan lalu, beberapa media Belanda melaporkan bahwa sang putri, yang gelar resminya adalah Putri Oranye, berada di bawah pengamanan yang ketat karena kekhawatiran bahwa geng kriminal menargetkannya untuk penculikan atau serangan.

Polisi dan Dinas Rahasia Belanda telah menolak untuk membahas pengaturan keamanan di sekitar Royal House.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte pada Kamis malam mengatakan dia tidak dapat merinci rincian ancaman tersebut.

Putri Amalia memulai studi untuk gelar politik dan ekonominya bulan lalu dan tinggal di akomodasi sewaan yang dia bagikan dengan beberapa mahasiswa lain di Amsterdam sebelum akhirnya dia harus kembali ke istana.

"Ini adalah berita buruk, untuknya sejak awal," kata PM Rutte kepada wartawan, seperti dikutip Reuters, Jumat (14/10/2022).
"Semua orang yang terlibat melakukan segala kemungkinan untuk memastikan dia aman."

“Konsekuensinya sangat sulit baginya,” kata Ratu Maxima seperti dikutip ANP.

"Tidak ada kehidupan mahasiswa untuknya seperti yang dimiliki orang lain."
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1953 seconds (11.97#12.26)