Sebut Serangan Teroris, Rusia Tuding Ukraina Dalang Bom Mobil Jembatan Crimea

Rabu, 12 Oktober 2022 - 18:42 WIB
loading...
Sebut Serangan Teroris, Rusia Tuding Ukraina Dalang Bom Mobil Jembatan Crimea
Sebut serangan teroris, Rusia tuding Ukraina dalang serangan bom mobil di jembatan Crimea. Foto/Asia Times
A A A
MOSKOW - Otoritas keamanan Rusia menuding intelijen Ukraina sebagai dalang serangan bom bunuh diri di Jembatan Crimea pada akhir pekan lalu. Pernyataan ini seorang mempertegas pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang menyebut dinas khusus Ukraina mengizinkan dan melakukan ledakan di Jembatan Crimea.

Dinas Keamanan Federal Rusia, FSB, menuding dinas intelijen di Kementerian Pertahanan Ukraina berada di balik bom mobil, yang disebut sebagai serangan teroris, di Jembatan Crimea pekan lalu.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, FSB mengatakan bahwa pelaku serangan itu adalah kepala Direktorat Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina, Kirill Budanov, beserta karyawan dan agennya.

"Alat peledak itu disamarkan dalam gulungan dengan film polietilen konstruksi dan dikirim dari pelabuhan Odessa (Ukraina) ke Ruse Bulgaria pada awal Agustus," kata FSB seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (12/10/2022).

Menurut FSB, kontrol atas pergerakan kargo di sepanjang rute dan kontak dengan peserta dalam skema kriminal dilakukan oleh karyawan Direktorat Intelijen Utama Ukraina yang menampilkan dirinya sebagai Ivan Ivanovich.

Dia menggunakan nomor anonim virtual yang dibeli di internet dan didaftarkan ke warga negara Ukraina Sergey Vladimirovich Andreichenko untuk koordinasi.



“Lima warga Rusia, serta tiga warga Ukraina dan Armenia, yang berpartisipasi dalam persiapan kejahatan, telah ditahan," menurut pernyataan itu.

FSB menambahkan bahwa penyelidikan atas serangan teroris sedang berlangsung dan semua pelaku serta kaki tangannya, termasuk orang asing, akan dimintai pertanggungjawaban sesuai dengan hukum Rusia.

Pernyataan itu muncul setelah Rusia meluncurkan serangkaian serangan rudal di Ukraina pada hari Senin setelah serangan jembatan Crimea pada 8 Oktober lalu. Itu setelah mengkonfirmasi keterlibatan pasukan khusus Ukraina, dengan serangan yang menargetkan infrastruktur energi Ukraina dan pos komunikasi di seluruh negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)