3 Jurnalis Rusia yang Dibunuh Sepanjang Pemerintahan Vladimir Putin

Senin, 10 Oktober 2022 - 15:38 WIB
loading...
A A A
Jurnalis senior sekaligus terkemuka ini dibunuh di Republik Afrika Tengah ketika sedang melakukan investigasi terkait kasus perusahaan militer swasta Rusia yang memiliki hubungan dengan Kremlin. Perusahaan tersebut diketahui juga aktif di Suriah dan Ukraina.

The Guardian menyebut Djemal disergap dan dibunuh bersama 2 jurnalis lain (Alexander Rastorguev dan Kirill Radchenko), di sekitaran wilayah Bangui.

Djemal dan kawan-kawannya tersebut dikenal sebagai jurnalis ulung yang pernah bekerja di media independen atau oposisi.

Djemal sendiri merupakan mantan editor politik di Novaya Gazeta, dan berpengalaman dalam meliput konflik di Georgia dan Ukraina.

Bahkan, Djemal yang terkenal sangat berani pernah dipenjara di Somalia dan mengalami luka ketika meliput di Libya.

3. Darya Aleksandrovna Dugina

Jurnalis Rusia, Darya Dugina (29) tewas dalam ledakan di sekitar Kota Moskow pada Agustus 2022. Berbagai pihak memperkirakan, pengeboman tersebut sebenarnya menyasar ayah Darya, Alexander Dugin.

3 Jurnalis Rusia yang Dibunuh Sepanjang Pemerintahan Vladimir Putin


Ia dikenal sebagai filsuf dan orang kepercayaan Putin. Bahkan, Alexander Dugin disebut sebagai “otak Putin” dan sangat dekat dengan Putin.

Saat kejadian, Alexander dan Darya sedang berada di mobil. Keduanya akan menghadiri festival dan Alexander berkesempatan untuk memberikan kuliah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)