Kanselir Jerman: Penggunaan Senjata Nuklir Tidak Dapat Diterima

Minggu, 09 Oktober 2022 - 04:30 WIB
loading...
Kanselir Jerman: Penggunaan Senjata Nuklir Tidak Dapat Diterima
Kanselir Jerman: Penggunaan Senjata Nuklir Tidak Dapat Diterima. FOTO/Reuters
A A A
BERLIN - Kanselir Jerman , Olaf Scholz memperingatkan terhadap penggunaan senjata nuklir dalam konflik Rusia-Ukraina. Ia menyebut penggunaan senjata itu sangat berbahaya.

“Kita perlu memberikan jawaban yang jelas terhadap ancaman nuklir: Mereka berbahaya bagi dunia, dan penggunaan senjata nuklir tidak dapat diterima,” kata Scholz dalam konferensi pers di Praha, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Jumat (7/10/2022).



Dia membuat komentar sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang peringatan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bahwa dunia sekarang menghadapi prospek perang nuklir tertinggi dalam 60 tahun.

Scholz mengatakan, bahwa para pemimpin Uni Eropa membahas perkembangan terakhir selama pertemuan informal mereka di Praha pada hari Jumat dan menegaskan kembali dukungan politik, ekonomi, dan militer mereka untuk Ukraina.

“Dari Praha, kami memberikan pesan yang jelas: negara-negara Eropa berdiri kokoh di samping Ukraina. Kami akan terus mendukung Ukraina untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorialnya,” katanya.

Scholz juga menggarisbawahi bahwa negara-negara Eropa tidak akan pernah mengakui pencaplokan ilegal Rusia atas wilayah timur Ukraina bulan lalu setelah referendum kontroversial. “Bagi kami, referendum palsu ini batal demi hukum,” tegasnya.



Presiden Rusia Vladimir Putin mengangkat momok konfrontasi nuklir bulan lalu, memperingatkan bahwa Rusia akan menggunakan segala cara untuk mempertahankan diri dan menekankan bahwa dia tidak menggertak.

Sebelumnya, Biden telah memperingatkan bahwa dunia berada di jurang bencana nuklir untuk pertama kalinya sejak Perang Dingin.

“Kami belum menghadapi prospek Armageddon sejak (Presiden John F.) Kennedy dan krisis rudal Kuba (1962),” kata Biden dalam acara penggalangan dana Demokrat.

“Saya tidak berpikir ada hal seperti kemampuan untuk dengan mudah (menggunakan) senjata nuklir taktis dan tidak berakhir dengan Armageddon,” tambah Biden.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)