Jerman Akan Segera Pasok Sistem Pertahanan Udara ke Ukraina

Minggu, 02 Oktober 2022 - 17:50 WIB
loading...
Jerman Akan Segera Pasok Sistem Pertahanan Udara ke Ukraina
Jerman Akan Segera Pasok Sistem Pertahanan Udara ke Ukraina. FOTO/ Airforce Technology
A A A
BERLIN - Jerman akan mengirimkan yang pertama dari empat sistem pertahanan udara canggih IRIS-T ke Ukraina dalam beberapa hari mendatang. Pengiriman ini untuk membantu menangkal serangan pesawat tak berawak (drone).

"Dalam beberapa hari, kami akan mengirimkan sistem pertahanan udara IRIS-T yang sangat modern," kata Menteri Pertahanan Jerman, Christine Lambrecht dalam kunjungan mendadak ke Odessa pada Sabtu (1/10/2022).

Baca: Jerman Ogah Kirim Tank Leopard, Menlu Ukraina Meradang

"Ini sangat penting untuk pertahanan drone khususnya," lanjut Lambrecht kepada stasiun televisi ARD, seperti dikutip dari Reuters.

Saat sirene serangan udara terdengar di atas kota pelabuhan, Lambrecht mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Ukraina, Oleksii Reznikov di bunker bawah tanah. Lambrecht telah memperpanjang kunjungan ke Moldova terdekat untuk pertemuan tersebut.

Ukraina telah melihat lebih banyak serangan dari pesawat tak berawak kamikaze buatan Iran dalam beberapa pekan terakhir, menelan korban jiwa dan menyebabkan kerusakan serius pada infrastruktur.

Pertama kali muncul pada bulan Mei bahwa Berlin sedang mempertimbangkan untuk mengirim sistem pertahanan permukaan-ke-udara IRIS-T, yang masing-masing menelan biaya 150 juta Euro (USD147 juta).

Baca: Kanselir Jerman: Putin Harus Akui Tidak Bisa Menangi Perang Ukraina

Sebelumnya, saat bertemu dengan mitranya dari Moldova Anatolie Nosatii di Chisinau, Lambrecht mendesak negara-negara Barat untuk tidak menghalangi mempersenjatai Ukraina dengan ancaman bahwa Rusia dapat menggunakan senjata nuklir.

"Kita harus sangat berhati-hati, tapi kita tidak boleh membiarkan diri kita lumpuh," ujar Lambrecht. Jerman menghadapi seruan untuk meningkatkan dukungannya bagi Ukraina, termasuk dengan mengirimkan senjata ofensif seperti tank modern, yang menurut Kiev perlu berperang ke pasukan Rusia.

Berlin sejauh ini menolak seruan semacam itu, dengan alasan bahwa langkah semacam itu akan meningkatkan situasi dan menunjukkan bahwa sejauh ini tidak ada negara lain yang mengirim tank lebih modern daripada stok lama Soviet yang dikirim oleh negara-negara bekas Pakta Warsawa.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1035 seconds (10.101#12.26)