Perang Nuklir Membayangi, Ini 9 Ledakan Senjata Nuklir Paling Kuat

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 16:52 WIB
loading...
A A A
Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 1996 di jurnal Polar Geography, kepulauan ini memiliki populasi kecil sebelum uji coba nuklir dengan berburu menjadi penghidupannya.

8. CASTLE ROMEO

Pada tanggal 26 Maret 1954, sebuah senjata nuklir diledakkan di sebuah tongkang di Bikini Atoll. Ledakan ini menghasilkan ledakan nuklir 11 megaton yang sekitar 730 kali lebih kuat dari bom Hiroshima. Dengan nama sandi "Castle Romeo", tes itu dilakukan hanya beberapa minggu setelah tes Castle Bravo yang menyebarkan dampak radioaktif di seluruh Kepulauan Marshall.



Menurut Nukemap, senjata nuklir dengan intensitas ledakan di atas Central Park Kota New York akan menghasilkan bola api yang akan menutupi taman dan gelombang radiasi panas yang intens yang akan meluas hingga ke Port Chester.

9. IVY MIKE

Pada 1 November 1952, "Ivy Mike" atau "Mike," akan menjadi senjata termonuklir pertama (bom hidrogen) yang diledakkan sepenuhnya, menghasilkan ledakan 10,4 megaton, sekitar 690 kali ukuran bom Hiroshima. Bom itu diledakkan di permukaan atol Enewetak di Kepulauan Marshall. Pada saat diledakkan, Perang Korea sedang berkecamuk dan perlombaan senjata nuklir telah berkembang antara AS dan Uni Soviet.

Pengembangkan bom hidrogen menjadi bahan perdebatan dalam pemerintahan Truman, dengan beberapa pejabat menentangnya dan yang lain mendorongnya. Sebuah artikel di situs web Atomic Heritage Foundation mencatat presiden Truman akhirnya memutuskan untuk mengembangkannya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)