Duh Senangnya, Putin Dapat Hadiah Ulang Tahun Seberat 6 Ton dari Presiden Belarusia

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 05:30 WIB
loading...
Duh Senangnya, Putin Dapat Hadiah Ulang Tahun Seberat 6 Ton dari Presiden Belarusia
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Foto/Sputnik/Sergey Guneev
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menerima hadiah traktor yang tidak biasa sebagai hadiah ulang tahun dari Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Pemimpin Rusia itu berusia 70 tahun pada Jumat (7/10/2022). Peringatan ulang tahunnya disambut para pemimpin negara aliansi.



Lukashenko ditanya apa yang akan dia berikan kepada Putin ketika dia tiba di Istana Konstantinovsky di St Petersburg untuk menghadiri pertemuan puncak informal para pemimpin dari Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS).

“Traktor. Sama seperti yang saya kerjakan, Belarusia. Yang terbaik. Itu dirakit secara manual,” ujar dia.

Traktor Belarusia adalah kendaraan roda empat ikonik yang diproduksi Minsk Tractor Works sejak tahun 1950-an.



Ini adalah salah satu merek Belarusia yang paling dikenal dan kendaraannya dijual ke sekitar 100 negara di seluruh dunia.

Sertifikat hadiah untuk traktor Putin kemudian diposting di saluran Telegram yang terhubung dengan layanan pers Lukashenko.



Traktor itu adalah model Belarus-1523.3, yang beratnya lebih dari enam ton dan menawarkan 150 tenaga kuda.

Menurut Lukashenko, traktor Putin dilengkapi dengan alat penanam benih.

“Kami akan menabur roti atau yang lainnya, dan ketika itu tumbuh, kami akan mengirimkannya ke (Presiden Polandia Andrzej) Duda dan (Perdana Menteri Mateusz) Morawiecki, ke Eropa agar mereka tidak kelaparan,” candanya.

Ini bukan pertama kalinya pemimpin Belarusia itu mengolok-olok tetangganya di Uni Eropa atas masalah ekonomi dan energi yang dipicu sanksi yang dijatuhkan Brussels terhadap Moskow atas konflik di Ukraina.

Bulan lalu, satu video muncul secara online yang menunjukkan Lukashenko memotong kayu bakar dan berjanji mengirimkannya ke Eropa.

“Sangat penting bahwa Duda dan Morawiecki tidak membeku musim dingin ini. Mereka adalah tetangga kita. Mungkin mereka akan sadar,” papar dia.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)