Tentara Rusia Dituduh Cabuti Gigi Emas Warga Ukraina, Ini Kata Media Jerman

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 00:01 WIB
loading...
Tentara Rusia Dituduh Cabuti Gigi Emas Warga Ukraina, Ini Kata Media Jerman
Tumpukan gigi emas ditemukan di Ukraina. Foto/Twitter/DefenceU
A A A
KIEV - Tentara Rusia dituduh mencabuti gigi emas milik warga Ukraina. Kabar tersebut lantas disangkal surat kabar Jerman, Bild.

Menurut laporan Bild pada Rabu (5/10/2022), tumpukan gigi emas yang diduga Ukraina telah ditarik dari warga sipil oleh pasukan Rusia selama penyiksaan, sebenarnya milik seorang dokter gigi setempat.

Pada Selasa, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Ukraina memposting gambar di Twitter tentang apa yang disebutnya "ruang penyiksaan" di Peski Radkovskiye, kota di Wilayah Kharkov.



Foto itu menggambarkan topeng gas, yang menurut kementerian digunakan untuk menyiksa penduduk setempat, dan sekotak mahkota gigi emas tergeletak di rumput.

"Berapa banyak lagi yang akan ditemukan di Ukraina yang diduduki?" tanya Kemhan Ukraina, mengisyaratkan pasukan Rusia-lah yang melakukan kekejaman itu.

Namun, menurut Bild, gigi itu rupanya milik pasien dokter gigi setempat, bukan milik korban penyiksaan warga Ukraina.

"Gigi-gigi ini terlihat seperti yang dicuri dari koleksi saya," papar Sergey (60) kepada outlet tersebut ketika dia ditunjukkan foto yang didistribusikan oleh pihak berwenang Ukraina.

Dia menjelaskan, “Saya satu-satunya dokter gigi di sini. Jadi jika mereka ditemukan di sini, mereka pasti berasal dari saya.”

Ketika ditanya apakah gigi tersebut berasal dari orang yang sudah meninggal, dokter gigi dengan tegas menolak anggapan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)