Jika China Blokade Taiwan, AS Pede Bisa Mematahkannya

Kamis, 06 Oktober 2022 - 05:32 WIB
loading...
Jika China Blokade Taiwan, AS Pede Bisa Mematahkannya
Jika China blokade Taiwan, Angkatan Laut AS yakin bisa mematahkannya. Foto/Ilustrasi
A A A
HAWAII - Amerika Serikat (AS) dan sekutunya akan dapat mematahkan blokade laut Taiwan jika Beijing memutuskan untuk mengisolasi pulau yang diperintah sendiri itu. Hal itu diungkapkan Laksamana Samuel Paparo, Komandan Armada Pasifik AS seperti dilaporkan kantor berita Jepang, Nikkei.

Berbicara kepada wartawan, Paparo mengatakan Angkatan Laut China tentu memiliki jumlah kapal dan kemampuan laut untuk melakukan blokade terhadap Taiwan.

"Pertanyaan selanjutnya adalah 'Apakah sekutu memiliki kemampuan untuk mematahkan blokade itu?' Dan jawabannya adalah 'ya'," kata laksamana itu yakin seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (6/10/2022).

Paparo melangkah lebih jauh dengan menyarankan bahwa Washington dapat menggagalkan rencana China untuk mengisolasi pulau itu sendiri, tanpa bantuan sekutu, karena volume daya tembak dan superioritas dalam domain utama.



Pada bulan Agustus, China menggelar latihan militer terbesar yang pernah ada di sekitar Taiwan sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, yang secara efektif memutus pulau itu dari seluruh dunia selama berhari-hari. Pesawat dan kapal di daerah itu diperingatkan tentang latihan tersebut dan harus mengubah rute.

Seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Nikkei bahwa Beijing pada dasarnya dapat memblokade akses Taiwan, melalui pengenaan berulang-ulang dari area penutupan semacam ini, secara legal, aman, dan dengan cara yang akan sangat sulit, baik bagi Taiwan atau AS, untuk menantang dan mengkalkulasi.

Pendekatan semacam itu akan memungkinkan China untuk mengisolasi pulau itu tanpa benar-benar mengumumkan blokade. Dalam hal ini, Washington tidak akan dapat menyimpulkan secara definitif bahwa ada blokade, yang akan mencegahnya meluncurkan operasi untuk menghapusnya, Nikkei menunjukkan.



Presiden AS Joe Biden pada beberapa kesempatan mengatakan bahwa Amerika akan melakukan intervensi militer jika Beijing memutuskan untuk menggunakan kekuatan untuk menguasai Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)