Alasan Hongaria dan Bulgaria Tolak Beri Sanksi ke Rusia

Senin, 03 Oktober 2022 - 15:15 WIB
loading...
A A A
Tak hanya Hongaria yang menolak memberi sanksi ke Rusia. Penolakan dilontarkan pula oleh Bulgaria dengan ancaman jika Bulgaria tidak mendapatkan relaksasi atas embargo minyak dari Rusia.

Menurut Wakil Perdana Menteri Bulgaria Assen Vassilev, apabila tidak ada relaksasi, Bulgaria tidak akan mendukung sanksi. Namun, Bulgaria juga tidak berharap hal itu.

Diketahui, Hongaria, Slovakia, serta Republik Ceko tergantung pada minyak Rusia. Minyak tersebut dikirim melalui jaringan pipa yang sudah dibangun sejak era Uni Soviet.

Negara tersebut sudah meminta adanya relaksasi tentang rencana larangan impor minyak dari Rusia, begitu juga dengan Bulgaria.

Vassilev mengatakan Bulgaria juga membutuhkan relaksasi. Hal ini karena satu-satunya kilang minyak di pelabuhan Laut Hitam Burgas masih membutuhkan waktu guna meningkatkan desulfurisasi untuk beralih ke proses minyak dari sumber yang diperoleh selain Rusia.

Kilang tersebut adalah Neftochim Burgas, yang dimiliki oleh perusahaan Rusia (LUKOIL). Saat ini, setengah dari minyak yang diproses Neftochim Burgas berasal dari Rusia.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)