Korsel Rancang Lebih Banyak Latihan Gabungan dengan AS

Minggu, 02 Oktober 2022 - 18:55 WIB
loading...
Korsel Rancang Lebih Banyak Latihan Gabungan dengan AS
Korsel Rancang Lebih Banyak Latihan Gabungan dengan AS. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke arah laut di lepas pantai timurnya pada Sabtu (1/9/2022), beberapa jam sebelum Korea Selatan (Korsel) menggelar pertunjukan militer besar, yang menampilkan pesawat tempur siluman dan misilnya sendiri.

Peluncuran keempat Pyongyang dalam seminggu terjadi di tengah kesibukan militer yang meregangkan otot oleh negara-negara di kawasan itu, termasuk latihan bersama anti-kapal selam pada hari Jumat oleh angkatan laut Korea Selatan, Amerika Serikat (AS), dan Jepang.



Wakil Presiden AS Kamala Harris mengunjungi wilayah itu minggu ini, bertemu dengan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol di Seoul pada hari Kamis. Kedua Korea bersaing dalam perlombaan senjata regional yang telah melihat peningkatan besar dari senjata dan pengeluaran militer.

Menandai Hari Angkatan Bersenjata ke-74 Korsel, Yoon mengutuk apa yang disebutnya provokasi militer baru-baru ini oleh Korut dan berjanji untuk memperkuat latihan militer bersama dengan AS.

“Pemerintah akan semakin memperkuat hubungan Korea-AS. latihan bersama, akan menanggapi dengan kuat provokasi dan ancaman Korea Utara dengan menunjukkan kepada mereka 'Aliansi Beraksi'," kata Yoon dalam pidato yang disiarkan televisi.



Yoon dan pejabat militer mengamati pertunjukan utama persenjataan canggih, termasuk beberapa peluncur roket, rudal balistik, tank tempur utama, drone dan pesawat tempur F-35, di antara sistem lainnya.

Militer AS mendemonstrasikan jet tempur dan pesawat serang. Gambar acara menunjukkan Yoon memberi hormat dari belakang mobil convertible saat mengemudi dengan barisan tank dan senjata lainnya.

Yoon juga mengatakan senjata konvensional negaranya adalah kunci untuk menghalangi Korut, dan Seoul juga telah mencari lebih banyak penjualan senjata besar di seluruh dunia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)