Kota di Israel yang Pernah Diserang Palestina

Minggu, 02 Oktober 2022 - 09:26 WIB
loading...
Kota di Israel yang Pernah Diserang Palestina
Seorang petugas polisi memeriksa kerusakan pada lokasi konstruksi di kota Sderot, Israel selatan, dekat perbatasan Gaza, menyusul serangan roket, pada 9 Agustus 2018. Foto/Times of Israel
A A A
JAKARTA - Konflik Israel dan Palestina masih terus berlangsung. Menurut data Palestinian Centre for Human Rights (PCHR), sejak awal tahun hingga akhir Agustus 2022, Israel telah menewaskan 111 orang Palestina, sementara 1.277 orang lainnya terluka.

Korban tewas maupun luka termasuk perempuan dan anak-anak. Pada 5 Agustus lalu, Israel melancarkan serangan udara ke Gaza. Palestina sempat membalas dengan melontarkan roket ke arah Israel, sebelum diberlakukan gencatan senjata pada 7 Agustus.

Diketahui, beberapa kota di Israel mendapat serangan balik dari Palestina pada berbagai kesempatan. Berikut dua kota di Israel yang pernah diserang oleh Palestina.

Baca: Tiga Kelemahan Tentara Israel Dibanding Palestina

1. Sredot

Militan Palestina menembakkan roket ke Israel pada April 2022. Roket yang diluncurkan jatuh di sebuah taman di kota Sredot, Israel. Israel menanggapi serangan roket dengan meluncurkan serangan di bagian tengah Gaza. Hal tersebut memicu peluncuran empat roket oleh pasukan Hamas dari wilayah terkepung.

2. Ashkelon

Palestina meluncurkan roket ke kota Ashkelon, selatan Israel pada Juni 2022. Roket yang diluncurkan ke Ashkelon berhasil dicegat oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome. Serangan di kota ini tak hanya terjadi pada 2022 saja. Di tahun sebelumnya juga pernah terjadi serangan roket sebagai respons serangan Israel terhadap warga Palestina.

Baca: 2 Rencana Israel yang Belum Terwujud di Tanah Palestina
(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1783 seconds (10.55#12.26)