Unjuk Kekuatan pada Rusia, AS Bersiap Kerahkan Kapal Induk Tercanggih

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 04:47 WIB
loading...
A A A
Negara-negara Barat, termasuk AS, telah menyediakan banyak senjata ke Ukraina, yang menyebabkan ketegangan dengan Kremlin.

Pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan mengirim lebih banyak pasukan ke medan perang dan berpotensi menggunakan senjata nuklir untuk menangkal upaya Ukraina merebut kembali kendali atas wilayah yang diduduki Moskow.

Bradley Martin, seorang peneliti kebijakan senior di RAND Corporation, mengatakan kepada AP bahwa latihan minggu depan akan menunjukkan kemampuan militer Amerika dan dukungan untuk NATO.

Kekhawatiran tentang Rusia, kata dia, adalah bagian dari kalkulus misi yang lebih luas.

“Kami juga menunjukkan kepada Rusia bahwa ada serangkaian kekuatan yang harus mereka hadapi jika mereka melampaui Ukraina atau [invasi] meningkat di Ukraina dengan cara yang menurut kami tidak dapat diterima,” kata Martin, seorang pensiunan kapten Angkatan Laut.

Kapal induk Amerika, lanjut Martin, menunjukkan kemampuan unik AS untuk mengirim pesawat tempur ke seluruh dunia.

Terlepas dari masalah USS Gerald R Ford yang telah dipublikasikan, dia mengatakan itu masih merupakan bagian dari tampilan kekuatan militer negara yang lebih besar.

Kapal induk tersebut, yang senilai USD 13,3 miliar—paling mahal di Amerika—adalah yang pertama dari kapal induk kelas Ford baru Angkatan Laut.

Mereka dirancang untuk membawa lebih banyak jenis pesawat dan beroperasi dengan beberapa ratus pelaut yang lebih sedikit. Mereka menggunakan sistem elektromagnetik untuk meluncurkan pesawat, yang menggantikan ketapel uap dan seharusnya meningkatkan misi terbang hingga sepertiga.

Penempatan pertama USS Gerald R Ford datang lima tahun setelah diluncurkan. Kapal itu telah dilanda berbagai masalah, termasuk masalah dengan sistem peluncuran dan lift yang membawa rudal dan bom ke jet di dek penerbangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)