Unjuk Kekuatan pada Rusia, AS Bersiap Kerahkan Kapal Induk Tercanggih

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 04:47 WIB
loading...
Unjuk Kekuatan pada Rusia, AS Bersiap Kerahkan Kapal Induk Tercanggih
Kapal induk tercanggih Angkatan Laut Amerika Serikat USS Gerald R Ford sedang dikerahkan untuk latihan dengan militer negara-negara NATO lainnya. Foto/US Navy
A A A
WASHINGTON - Setelah bertahun-tahun mengalami penundaan dan masalah dengan teknologi barunya, kapal induk paling canggih Angkatan Laut Amerika Serikat (AS); USS Gerald R Ford, memulai penyebaran pertamanya minggu depan.

Pakar militer menilai langkah Amerika ini sebagai pamer kekuatan pada Rusia, yang perangnya di Ukraina semakin memanas.

Angkatan Laut Amerika mengatakan USS Gerald R Ford akan berlatih dengan militer negara-negara NATO lainnya. Kapal induk tersebut telah meninggalkan pangkalan Angkatan Laut terbesar di dunia di Norfolk, Virginia, hari Senin, bersama dengan kapal perusak dan kapal perang lainnya.

Baca juga: Eks Penasihat Gedung Putih: Rusia dan Barat Telah Perang Dunia III

Kelompok penyerang kapal induk USS Gerald R Ford akan bergabung dengan kapal-kapal di Samudra Atlantik dari beberapa negara yang mencakup Prancis, Jerman dan Swedia untuk berbagai latihan, termasuk latihan perang anti-kapal selam.

“Atlantik adalah wilayah kepentingan strategis,” kata Wakil Laksamana Daniel Dwyer, seorang petinggi Angkatan Laut AS, dalam sebuah pernyataan.

“Tujuan utama kami adalah untuk berkontribusi pada kawasan Atlantik yang damai, stabil, dan bebas konflik melalui kekuatan Angkatan Laut gabungan dari Sekutu dan mitra kami," ujarnya, seperti dikutip AP, Sabtu (1/10/2022).

Dwyer memimpin Armada ke-2 Angkatan Laut AS, yang mengawasi kapal perang Amerika saat mereka ditempatkan di antara Pantai Timur AS dan Laut Barents, di lepas pantai Norwegia dan Rusia.

AS telah mempertajam fokusnya di Atlantik Utara dalam beberapa tahun terakhir setelah militer Rusia meningkatkan operasi ke kecepatan yang tidak terlihat sejak akhir Perang Dingin.

Jadwal latihan perang kapal induk tercanggih AS itu berselang tujuh bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1791 seconds (11.97#12.26)