Caplok 4 Wilayah Ukraina, Putin Sebut Rusia Akan Menang Perang

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 01:34 WIB
loading...
Caplok 4 Wilayah Ukraina, Putin Sebut Rusia Akan Menang Perang
Presiden Vladimir Putin sebut Rusia akan menang dalam perangnya di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia akan menang dalam perangnya di Ukraina . Itu disampaikan dalam pidatonya di Lapangan Merah setelah mengumumkan pencaplokan empat wilayah negara tetangga.

“Kami menjadi lebih kuat karena kami bersama. Kami memiliki kebenaran. Dan kebenaran berarti kekuatan. Artinya kemenangan. Kemenangan akan menjadi milik kita,” katanya dalam pidato di hadapan massa, sebagaimana dikutip Al Jazeera, Sabtu (1/10/2022).

Berbicara kepada orang banyak di Moskow tengah setelah dia menandatangani “perjanjian aksesi” yang meresmikan pencaplokan Rusia atas empat wilayah pendudukan di Ukraina, Putin mengatakan momen ini adalah "hari bersejarah”, dan “hari kebenaran dan keadilan”.

Baca juga: 4 Wilayahnya Dicaplok Rusia, Ukraina Resmi Lamar Gabung NATO

Putin juga berjanji untuk melakukan segalanya guna meningkatkan tingkat keamanan di Kherson, Zaporizhia, Luhansk dan Donetsk—empat wilayah Ukraina yang secara resmi dicaplok oleh Rusia.

“Kami akan melakukan segalanya untuk memulihkan ekonomi dan memulihkan infrastruktur, membangun sekolah, lembaga baru, rumah sakit [di wilayah itu],” katanya.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menolak keras langkah pencaplokan empat wilayah tersebut oleh Rusia.

Meski demikian, dia bersedia berunding dengan Rusia asalkan presidennya tidak Vladimir Putin. Selain itu, dia juga mengumumkan bahwa Ukraina resmi melamar menjadi anggota NATO.

“Kami mengambil langkah tegas kami dengan menandatangani aplikasi Ukraina untuk aksesi yang dipercepat ke NATO,” kata Zelensky dalam sebuah video yang diunggah di Telegram, seperti dikutip Reuters.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1844 seconds (10.177#12.26)