Intel Amerika Cs Sibuk Intai Rusia setelah Putin Ancam Gunakan Nuklir

Kamis, 29 September 2022 - 14:31 WIB
loading...
A A A
Pejabat tersebut mengatakan upaya terbaru termasuk menugaskan tambahan aset intelijen AS dan sekutu—di udara, ruang angkasa dan siber—dan lebih mengandalkan satelit pencitraan Bumi komersial untuk menganalisis unit Rusia di lapangan yang mungkin berada dalam posisi untuk mendapatkan komando nuklir.

Fokus lain di luar Ukraina adalah daerah kantong Rusia; Kaliningrad, yang diapit Polandia dan Lithuania. Di wilayah itulah Kremlin telah memasang sistem senjata penggunaan ganda dan rudal hipersonik.

Selama seminggu terakhir, situs radar pelacak penerbangan telah menunjukkan beberapa pesawat pengintai elektronik RC-135 Rivet Joint Angkatan Udara AS sibuk mengudara di sekitar wilayah tersebut, seolah-olah mengumpulkan data.

Dalam beberapa tahun terakhir, Rusia telah meningkatkan situs penyimpanan rudalnya di Kaliningrad, memicu kekhawatiran akan potensi penumpukan senjata nuklir di wilayah tersebut.

Putin telah membuat referensi terselubung sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari bahwa dia mungkin menggunakan senjata nuklir atau senjata kimia untuk mengubah arah pertempuran atau jika Rusia sendiri terancam.

Namun, ancaman itu semakin berani minggu lalu ketika dia mengatakan dia siap untuk “menggunakan semua cara yang tersedia bagi kita", termasuk “berbagai senjata pemusnah".

"Saya tidak menggertak," katanya dalam pidato.

Sebagai tanggapan, Amerika Serikat memperingatkan "konsekuensi bencana," tetapi sengaja tidak merinci apa artinya dari peringatan tersebut.

“Kami telah mengomunikasikan kepada Rusia apa konsekuensinya, tetapi kami berhati-hati dalam membicarakan hal ini di depan umum, karena dari sudut pandang kami, kami ingin meletakkan prinsip bahwa akan ada konsekuensi bencana, tetapi tidak terlibat dalam tindakan permainan balas dendam retoris,” kata Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan.

Pada hari Senin, Kremlin mengatakan telah melakukan pembicaraan "sporadis" dengan Amerika Serikat tentang masalah nuklir, dalam apa yang dipandang sebagai upaya potensial untuk meredakan situasi yang tegang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)