Iran Serang Irak Tewaskan 9 Orang, Berdalih Targetkan Kurdi

Kamis, 29 September 2022 - 07:53 WIB
loading...
A A A
IRGC, militer elite dan pasukan keamanan Iran, mengatakan setelah serangan bahwa mereka akan terus menargetkan apa yang disebut "teroris" di wilayah tersebut.

"Operasi ini akan berlanjut dengan tekad penuh kami sampai ancaman itu berhasil diberantas secara efektif, basis kelompok teroris dibongkar, dan otoritas wilayah Kurdi memikul kewajiban dan tanggung jawab mereka," kata IRCG dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di stasiun televisi pemerintah.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan memanggil duta besar Iran untuk memberitahunya tentang keberatan Irak atas serangan itu.

Irak menganggap tindakan Iran ini sebagai pelanggaran kedaulatan.

Protes besar pecah di Iran bulan ini atas kematian seorang wanita muda Kurdi Iran, Mahsa Amini (22), setelah ditangkap polisi moral di Teheran.

Amini, asal Saqez, Kurdistan Iran, ditangkap polisi moral pada 13 September di Teheran atas tuduhan berjilbab secara tidak pantas.

Dia meninggal tiga hari kemudian di rumah sakit setelah mengalami koma, memicu demonstrasi besar di jalan-jalan Iran. Itu merupakan protes terbesar sejak pihak berwenang menghancurkan protes serupa terhadap kenaikan harga bensin pada 2019.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)