Deretan Negara dengan Jumlah Korban Perang Dunia II Terbanyak

Rabu, 28 September 2022 - 12:19 WIB
loading...
Deretan Negara dengan Jumlah Korban Perang Dunia II Terbanyak
Seorang anggota patroli Marinir AS di Saipan menemukan satu keluarga Jepang bersembunyi di gua lereng bukit selama pertempuran di Saipan, 21 Juni 1944. Ibu, empat anak dan seekor anjing berada di dalam gua. Foto/Arsip Nasional AS/REUTERS
A A A
TOKYO - Perang Dunia II (PD II), yang melibatkan negara secara global, terjadi dari tahun 1939 sampai 1945.Perang ini pecah sebagai akibat dari kemunculan ideologi fasisme di negara-negara blok Poros, yang terdiri dari Jerman, Jepang, dan Italia.

Negara-negara blok Poros ini bertentangan dengan negara-negara blok Sekutu.

Melansir catatan Ensiklopedia Holocaust, PD II dimulai ketika Jerman menginvasi Polandia, tepatnya pada 1 September 1939.

Sejak itu, negara-negara lain mulai terlibat dalam pertempuran skala dunia karena Jerman semakin membabi buta ingin menguasai wilayah lain.

Perang Dunia II menjadi tragedi yang kelam dalam sejarah dunia karena sudah memakan korban jiwa yang sangat banyak.

Mengutip dari Ensiklopedia Britannica, diperkirakan 40 juta hingga 50 juta orang tewas selama PD II. Lebih 80% dari semua kasus kematian di PD II berasal dari negara-negara Sekutu, dan sebagian besar adalah warga sipil.

Sementara itu, 15-20% kematian terjadi di blok Poros, sebagian besarnya kalangan militer. Berikut beberapa negara dengan jumlah korban akibat Perang Dunia II terbanyak, berdasarkan data di The National WWII Museum.

1. Uni Soviet

Uni Soviet diperkirakan telah menderita jumlah tertinggi korban Perang Dunia II. Tercatat, sebanyak 24 juta orang kehilangan nyawanya akibat perang.

Dari jumlah tersebut, kebanyakan terjadi karena kematian militer, kematian warga sipil, dan kematian karena kelaparan dan juga penyakit.

Banyaknya kematian tersebut juga disebabkan banyaknya tentara Uni Soviet yang terluka selama perang.

2. China

China diperkirakan menanggung jumlah korban dengan total tertinggi kedua dalam Perang Dunia II. Sebanyak 20 juta orang tewas di China akibat PDII.

Korban di kalangan militer diperkirakan 3-4 juta orang. Sisanya, yang terbanyak, adalah kematian warga sipil. Diduga, banyaknya korban meninggal karena kelaparan dan penyakit selama perang.

3. Jerman

Di tempat ketiga dalam daftar negara dengan total korban dalam Perang Dunia II, ada Jerman.

Diperkirakan, jumlah kematian akibat PD II di Jerman berada di angka 6,6 juta hingga 8,8 juta orang. Sebanyak 5,5 juta militer tewas dalam Perang Dunia II di Jerman, diikuti dengan kematian warga sipil dalam jumlah yang lebih kecil.

4. Polandia

Jumlah kematian di Polandia akibat Perang Dunia II lebih banyak dirasakan oleh warga sipil. Berada di urutan keempat dalam deretan negara dengan korban terbanyak di Perang Dunia II, Polandia harus kehilangan 5,6 juta warganya.

Dari angka tersebut, 240 ribu kematian terjadi di kalangan militer. Sisanya, lebih dari 5 juta orang sipil di Polandia tewas.

5. Indonesia

Perang Dunia II juga banyak merenggut jiwa orang Indonesia, yang kala itu masih bernama Hindia-Belanda. Diperkirakan, 3 juta hingga 4 juta penduduk Indonesia tewas dalam PD II.

6. Jepang

Di Jepang, kematian lebih banyak didominasi oleh militer yang menelan korban hingga 2,1 juta jiwa.

Secara total, diperkirakan ada 2,6 hingga 3,1 juta jiwa yang menjadi korban tewas akibat Perang Dunia II di Jepang.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)