Pipa Gas Nord Stream Meledak, Anggota Parlemen Eropa: Terima Kasih AS

Rabu, 28 September 2022 - 10:42 WIB
loading...
A A A
Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia Maria Zakharova bertanya-tanya apakah tweet Sikorsky merupakan, "Pernyataan resmi bahwa ini adalah serangan teroris."

Sementara itu, Wakil Duta Besar Rusia untuk PBB Dmitry Polyanskiy berterima kasih kepada Sikorski karena "menjelaskan siapa yang berdiri di belakang penargetan infrastruktur sipil bergaya teroris ini!"

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki tidak sampai sejauh Sikorski, tetapi memilih menggambarkan insiden Nord Stream sebagai "tindakan sabotase, terkait dengan langkah selanjutnya dari eskalasi situasi di Ukraina."

Bukan sembarang anggota parlemen, Sikorski adalah mantan warga negara Inggris dan rekan di berbagai think-tank AS dan NATO, serta mantan menteri pertahanan Polandia (2005-2007) dan menteri luar negeri (2007-2014).

Pada Oktober 2014, dia terungkap mengarang klaim tentang Presiden Rusia Vladimir Putin yang ingin membagi Ukraina dengan Warsawa. Dia pun dipaksa menarik kembali tuduhannya.

Sikorski menyebut Rusia sebagai "pemerkosa berantai" pada Januari 2022 dan pada Juni mengatakan kepada TV Espreso Ukraina bahwa NATO memiliki hak memberikan senjata nuklir kepada Kiev.

Dia menikah dengan cendekiawan Amerika Anne Applebaum, yang juga merupakan musuh Rusia yang blak-blakan.

Sementara Sikorski berterima kasih kepada AS atas sabotase Nord Stream, Ukraina menyalahkan Rusia.

Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Mikhail Podoliak, menyebutnya sebagai, "Serangan teroris yang direncanakan Rusia dan tindakan agresi terhadap UE."

Menurut dia, tanggapan terbaik adalah mengirim tank Jerman ke tentara Ukraina. Permintaan itu hingga kini belum dikabulkan Jerman.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3356 seconds (11.252#12.26)