Turki Respons Keras Komentar Vulgar Politisi Jerman pada Erdogan

Rabu, 28 September 2022 - 07:19 WIB
loading...
Turki Respons Keras Komentar Vulgar Politisi Jerman pada Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Turki menyatakan kemarahannya atas pernyataan menghina yang dibuat Wakil Presiden Bundestag Jerman Wolfgang Kubicki terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan.

“Duta Besar Jerman untuk Turki dipanggil pada Selasa (27/9/2022) untuk mendapat catatan protes "kuat" atas pernyataan menghina tersebut,” ungkap laporan kantor berita Anadolu Agency yang dikelola negara Turki.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Turki Tanju Bilgic mengutuk "pernyataan menghina" Kubicki yang dibuat selama kampanye pemilihannya di Lower Saxony.

Menurut Bilgic, pernyataan Kubicki "tidak dapat diterima" dan politisi Jerman itu "tidak cocok" untuk posisinya di parlemen.

Baca juga: Hasil Referendum, Zaporozhye Ukraina Putuskan Bersatu dengan Rusia

Sementara Kementerian Luar Negeri Turki tidak mengungkapkan pernyataan khusus mana yang menarik perhatian Ankara, beberapa media menunjuk Kubicki yang menyebut Erdogan sebagai “tikus selokan” dan menyalahkan Erdogan karena berpotensi menciptakan krisis migran lain di Eropa.

"Dia sama sekali tidak memiliki moralitas dan tanggung jawab politik," tegas Bilgic tentang Kubicki.

Bilgic menambahkan, "Pernyataan tidak senonoh seperti itu menunjukkan tingkat politik dan moralnya, dan mengungkapkan vulgarnya."

Baca juga: Putin Tegaskan Prioritas Utama Rusia dalam Referendum Donbass

Kubicki sejak itu mengkonfirmasi kepada Reuters bahwa dia sebenarnya menyebut Erdogan sebagai "tikus selokan" saat berpidato di rapat umum selama kampanye pemilihannya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1400 seconds (11.252#12.26)