Pembocor Data Rahasia AS Edward Snowden Dapat Kewarganegaraan Rusia

Selasa, 27 September 2022 - 07:35 WIB
loading...
A A A
AS masih ingin Snowden kembali ke rumah untuk menghadapi tuduhan spionase terkait kebocoran file raksasa tahun 2013 yang mengungkapkan operasi pengawasan NSA yang luas, yang menargetkan warga sipil Amerika ke tingkat yang jauh lebih besar daripada yang diketahui publik sebelumnya.

Namun, alih-alih merilis dokumen itu sendiri, dia menjangkau sekelompok kecil jurnalis dan pembuat film termasuk Glenn Greenwald dan Laura Poitras, menginstruksikan mereka menyusun dan menerbitkannya sesuai kebutuhan.

Publikasi beberapa dokumen yang mengganggu bersama dokumen sumber mereka di Washington Post, The Guardian, dan outlet media lainnya menyebabkan Washington menyerukan kepala Snowden.

Setelah itu, miliarder pendiri eBay Pierre Omidyar dengan cepat membeli seluruh arsip, menggunakannya sebagai dasar untuk perusahaannya First Look Media, yang meluncurkan The Intercept dengan dokumen Snowden sebagai headlinernya.

Namun, situs tersebut tidak pernah merilis lebih dari 10% file yang bocor selama 15 tahun dimilikinya.

Meskipun Omidyar kaya, The Intercept menyebut alasan kekurangan dana ketika menutup akses ke sebagian kecil arsip itu pada 2019.

Keputusan itu dibuat tanpa berkonsultasi dengan Snowden, yang secara de facto menjadikan dirinya individu tanpa kewarganegaraan karena mempublikasikan isinya.

Sejak itu, program pengawasan NSA yang dia bongkar dinyatakan melanggar hukum oleh pengadilan banding AS.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)