Pembocor Data Rahasia AS Edward Snowden Dapat Kewarganegaraan Rusia

Selasa, 27 September 2022 - 07:35 WIB
loading...
Pembocor Data Rahasia AS Edward Snowden Dapat Kewarganegaraan Rusia
Edward Snowden berbicara dalam suatu forum melalui telekonferensi. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pembocor dokumen rahasia Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) Edward Snowden.

Kantor berita Rusia TASS mengkonfirmasi hal itu pada Senin (26/9/2022). Nama warga Amerika itu dimasukkan tanpa gembar-gembor dalam daftar 72 orang asing yang menjadi warga negara Rusia.

Snowden mengajukan kewarganegaraan Rusia pada 2020 setelah menerima hak tinggal permanen.



Dia belum mengomentari keputusan tersebut pada Senin malam waktu Moskow. Istrinya juga akan mengajukan permohonan kewarganegaraan, menurut pengacaranya.

“Mantan kontraktor Booz-Allen itu tidak memenuhi syarat untuk dimobilisasi ke medan perang Ukraina karena dia tidak bertugas di tentara Rusia,” ujar pengacaranya kepada media.

Pernyataan itu menuangkan air dingin ke spekulasi media sosial yang panas bahwa Snowden mungkin direkrut sekarang karena dia secara resmi menjadi warga negara Rusia pada usia wajib militer.



Sementara fakta bahwa Snowden telah tinggal di Rusia sejak melarikan diri dari AS pada 2013 telah dianggap sebagai "bukti" bahwa dia meremehkan pemerintah AS atas nama Moskow, dia terdampar di Bandara Sheremetyevo saat tiba di Rusia dari Hong Kong untuk mengejar penerbangan lanjutan ke Kuba setelah AS membatalkan paspornya di tengah penerbangan.

Dia dilaporkan dalam perjalanan ke Ekuador, di mana dia telah mengajukan permintaan suaka dengan pemerintah yang ramah terhadap para pembangkang Amerika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)