Presiden Raisi: Iran Harus Hadapi Aksi Protes dengan Tegas

Sabtu, 24 September 2022 - 19:40 WIB
loading...
Presiden Raisi: Iran Harus Hadapi Aksi Protes dengan Tegas
Presiden Raisi: Iran Harus Hadapi Aksi Protes dengan Tegas. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Iran harus menangani secara tegas protes yang melanda negara itu setelah kematian seorang wanita dalam tahanan yang ditahan oleh polisi moral Republik Islam Iran. Hal itu diungkapkan Presiden Ebrahim Raisi , Sabtu (24/9/2022).

Setidaknya 35 orang dilaporkan tewas dalam aksi demonstrasi yang sudah berlangsung selama seminggu, menurut televisi pemerintah Iran. Aksi protes itu menyebar ke sebagian besar dari 31 provinsi negara itu.

Baca: Aksi Protes Terus Meningkat, Tentara Iran Tebar Ancaman

Pada hari Jumat, demonstrasi yang diselenggarakan oleh negara berlangsung di beberapa kota Iran untuk melawan protes anti-pemerintah, dan tentara berjanji untuk menghadapi "musuh" di balik kerusuhan tersebut.

Media pemerintah mengutip pernyataan Raisi melaporkan, Iran harus menangani dengan tegas mereka yang menentang keamanan dan ketenangan negara.

Raisi berbicara melalui telepon kepada keluarga seorang anggota pasukan sukarelawan Basij yang terbunuh saat mengambil bagian dalam tindakan keras terhadap kerusuhan di kota timur laut Mashhad.

“Presiden menekankan perlunya membedakan antara protes dan mengganggu ketertiban umum dan keamanan, dan menyebut peristiwa itu kerusuhan," sebut laporan media pemerintah.

Baca: Korban Tewas Demonstrasi di Iran Dilaporkan Capai 50 Orang

Protes pecah di barat laut Iran seminggu yang lalu di pemakaman Mahsa Amini, seorang wanita Kurdi berusia 22 tahun yang meninggal setelah mengalami koma menyusul penahanannya oleh polisi moral yang menegakkan aturan jilbab pada pakaian wanita.

Kematiannya telah menyalakan kembali kemarahan atas masalah-masalah termasuk pembatasan kebebasan pribadi di Iran, aturan berpakaian yang ketat untuk wanita dan ekonomi yang terguncang akibat sanksi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2141 seconds (11.97#12.26)