Palestina Murka Inggris Berencana Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Sabtu, 24 September 2022 - 08:55 WIB
loading...
A A A
Yerusalem Timur, bersama dengan Tepi Barat dan Jalur Gaza, direbut oleh Israel dari Yordania dan Mesir dalam perang Timur Tengah 1967 dan sejak itu dipandang secara internasional sebagai wilayah Palestina yang diduduki.

Di Twitter, Duta Besar Palestina untuk Inggris, Husam Zomlot, menulis sangat disayangkan bahwa Truss menggunakan penampilan pertamanya di PBB sebagai perdana menteri untuk berkomitmen untuk berpotensi melanggar hukum internasional.

Dia mengatakan setiap pemindahan kedutaan akan menjadi pelanggaran terang-terangan terhadap tanggung jawab bersejarah Inggris, yang merusak solusi dua negara dari negara Palestina merdeka bersama Israel untuk konflik Israel-Palestina.

"Janji seperti itu tidak bermoral, ilegal, dan tidak bertanggung jawab!" katanya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (24/9/2022).



Sampai sekarang, Inggris - seperti kebanyakan negara lain - telah mempertahankan kedutaan besarnya di Tel Aviv, bukan di Yerusalem yang diperebutkan, dengan menyatakan bahwa kedutaan besar hanya boleh pindah ke kota suci setelah kesepakatan damai akhir antara Israel dan Palestina. Inggris juga memiliki konsulat di Yerusalem Timur.

Truss dilaporkan mengangkat gagasan relokasi kedutaan selama kampanye kepemimpinan Konservatif baru-baru ini.

Ketika Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel - memenuhi janji kampanye - hal itu membawa kecaman internasional. Hal ini juga menyebabkan peningkatan kekerasan di mana puluhan warga Palestina dibunuh oleh pasukan Israel.

Saat itu, PM Inggris Theresa May mengkritik tindakan AS tersebut.

Satu-satunya negara yang mengikuti contoh Trump dengan memindahkan kedutaan mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem adalah Honduras, Guatemala dan Kosovo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)