Negara dengan Polisi Terbanyak di Dunia, Nomor 1 dan 2 di Asia

Jum'at, 23 September 2022 - 15:40 WIB
loading...
Negara dengan Polisi Terbanyak di Dunia, Nomor 1 dan 2 di Asia
Polisi bersenjata berjaga di jalan di Kashgar, Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, China, 24 Maret 2017. Foto/REUTERS/Thomas Peter
A A A
BEIJING - Bagi suatu negara, keberadaan polisi sangat dibutuhkan. Para personel polisi ini diperlukan guna mencegah atau mengatasi rangkaian aksi kriminal.

Tak hanya itu, polisi juga berkolaborasi bersama militer guna menciptakan kenyamanan hingga keamanan masyarakat dan negara.

Berikut negara dengan polisi terbanyak di dunia melansir worldatlas.com.

1. China

China mempunyai polisi yang berjumlah 1.600.000 personil. Unit penegakan hukum di China berada di Kementerian Keamanan Publik atau dikenal MPS.

MPS dipimpin Menteri Keamanan Publik serta bermarkas di Beijing. Satuan polisi lain di China adalah People’s Armed Police (Polisi Bersenjata Rakyat), unit polisi paramiliter yang diberi mandat untuk menjaga keamanan serta ketertiban umum.

Polisi Bersenjata Rakyat ini resmi didirikan pemerintah China pada 1982.

2. India

India mempunyai jumlah polisi mencapai 1.585.353 personil. Penegakan hukum dilakukan oleh kepolisian India yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri Serikat.

Terdapat banyak unit di kepolisian India, seperti Pasukan Keamanan Perbatasan yang bertanggung jawab pemolisian perbatasan India serta pencegahan kejahatan lintas batas.

Kemudian ada Central Industrial Security Force yang peran utamanya adalah menjaga instalasi industri penting.

3. Amerika Serikat

Terdapat 913.161 polisi di Amerika Serikat. Polisi di Amerika Serikat diberdayakan oleh konstitusi Amerika Serikat.

Kepolisian Amerika Serikat terdiri dari dua kategori, polisi federal serta polisi negara bagian. Polisi federal menjalankan tugas pemerintah serta mempunyai otoritas di seluruh Amerika Serikat.

Sementara polisi negara bagian otoritasnya terbatas pada negara bagiannya masing-masing.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)