Putin Berlakukan Mobilisasi, Warga Rusia Ramai-ramai 'Eksodus'

Jum'at, 23 September 2022 - 14:11 WIB
loading...
A A A
Menteri Dalam Negeri Jerman, Nancy Faeser, memberi isyarat bahwa orang Rusia yang melarikan diri dari wajib militer akan diterima di negaranya.

Faeser mengatakan pembelot yang terancam oleh "penindasan berat" akan menerima perlindungan berdasarkan kasus per kasus, setelah pemeriksaan keamanan. Lituania, Latvia, Estonia, dan Republik Ceko memiliki nada yang berbeda, mengatakan bahwa mereka tidak akan menawarkan perlindungan bagi orang-orang Rusia yang melarikan diri.

Reaksi terhadap mobilisasi militer di dalam Rusia sendiri luar biasa kuat.

Panggilan itu memicu protes di kota-kota besar Rusia termasuk Moskow dan St Petersburg pada hari Selasa, yang mengakibatkan 1.300 penangkapan dilaporkan.



Ada juga laporan dari Rusia bahwa beberapa dari mereka yang ditahan karena memprotes telah diberikan rancangan surat-surat saat ditahan di kantor polisi. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, ketika ditanya tentang laporan tersebut, mengatakan bahwa hal itu tidak melanggar hukum.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak Rusia untuk menolak mobilisasi selama pidato malamnya pada hari Kamis.

Mengacu pada kematian Rusia dalam perang, dia berkata: "Mau lebih? Tidak? Kemudian protes. Lawan. Lari. Atau menyerah pada penangkaran Ukraina."

Kementerian Pertahanan Inggris, mengomentari pemanggilan itu dalam briefing Rabu pagi, mencatat bahwa mobilisasi kemungkinan akan sangat tidak populer di sebagian populasi Rusia.

“Putin menerima risiko politik yang cukup besar dengan harapan menghasilkan kekuatan tempur yang sangat dibutuhkan. Langkah ini secara efektif merupakan pengakuan bahwa Rusia telah kehabisan pasokan sukarelawan yang bersedia berperang di Ukraina,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)