Apakah Rusia dan Uni Soviet Itu Sama?

Jum'at, 23 September 2022 - 13:15 WIB
loading...
Apakah Rusia dan Uni Soviet Itu Sama?
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Rusia adalah sebuah negara yang memiliki nama resmi sebagai Federasi Rusia. Negara ini adalah negara federasi yang memiliki sistem semi-presidensial dengan bentuk republik konsititusional. Terletak di sebelah timur Eropa dan Utara Asia yang dari arah Barat Laut sampai Tenggara berbatasan langsung dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Latuania dan Polandia, Belarusia, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, Tiongkok dan Korea Utara.

Negara Rusia adalah negara terluas yang ada di dunia. Sangking luasnya, negara ini mencakup seperdelapan luas dataran yang ada di bumi dan memiliki penduduk paling banyak di peringkat ke sembilan di dunia, sekitar 147.190.000 jiwa. Setelah terjadinya revolusi Rusia, Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia berubah menjadi 2 bagian yaitu, bagian utama dan terbesar Republik Sosialis Uni Soviet.

Uni Soviet merupakan negara pertama di dunia yang punya konstitusi negara sosialis. Negara ini juga memerankan peran yang cukup bertahan dalam kemenangan sekutu di Perang Dunia II. Di Era Soviet ini merupakan pencapaian teknologi yang paling signifikan di abad ke-20. Sampai akhirnya, di akhir tahun 1990, Uni Soviet ini memiliki ekonomi di urutan kedua terbesar di dunia dengan kekuatan militer yang terbesar pula di dunia.

Baca: 4 Tank Terbaik Buatan Rusia, Nomor 2 Disebut yang Terkuat

Sampai setelah bubarnya Uni Soviet di tahun 1991, 15 Republik independent berpisah dan sebagai negara terbesar, penduduk terbanyak dan secara ekonomi negara ini juga paling berkembang, Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia pun mengganti namanya menjadi Federasi Rusia serta melanjutkan status hukumnya sebagai negata penerus dari Uni Soviet.

Ada perbedaan yang terjadi antara Uni Soviet dan Rusia yang harus diketahui dimana kedua negara tersebut tidak memiliki kaitan satu sama lain. Rusia merupakan ibu kota dari Uni Soviet dan menjadi negara yang begitu dominan karena menjadi pusat pemerintahan serta kekuasaan. Tak hanya itu, Uni Soviet ini adalah keseluruhan persatuan dari 15 negara dan Rusia merupakan salah satu dari kelima belas negara tersebut.

Fakta menariknya, Rusia telah ada jauh sebelum Uni Soviet didirikan. Rusia merupakan negara lanjutan dari kekaisaran Rusia yang sudah runtuh di tahun 1917, sedangkan Uni Soviet baru berdiri pada tanggal 30 Desember 1922. Maka dari sini bisa disimpulkan bahwa Rusia dan Uni Soviet tidaklah sama walaupun kedua negara tersebut memiliki keterkaitannya satu sama lain.

Penulis:MG / Khansa Novriandra

Baca: 6 Jenderal Rusia yang Tewas dalam Perang Melawan Ukraina

(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1226 seconds (11.252#12.26)