Jurnalis CNN Ogah Pakai Jilbab, Presiden Iran Menolak Diwawancarai

Jum'at, 23 September 2022 - 08:33 WIB
loading...
A A A
“Bagus untuk @amanpour. Hari-hari di mana para pejabat Iran mengharuskan wartawan dan pejabat perempuan untuk mengenakan jilbab untuk mendapatkan wawancara dan pertemuan harus berakhir. Hijab yang dipaksakan mencerminkan ideologi kuno dan tidak toleran, bukan budaya,” tweet Karim Sadjadpour, seorang analis kebijakan Iran-Amerika di Carnegie Endowment, sebuah thinktank yang berbasis di Washington.

Pembawa acara radio NPR Esther Ciammachilli me-retweet foto Amanpour, dan menulis: “Apa yang mereka maksud ketika mereka mengatakan, ‘Sebuah gambar bernilai seribu kata.’ Integritas Christiane Amanpour sepenuhnya utuh.”

Bahman Kalbasi, koresponden New York dan PBB untuk layanan BBC Persia, menggemakan sentimen serupa.

“Raisi tidak muncul untuk wawancara dengan CNN setelah Christiane Amanpour menolak mengenakan jilbab rezim. Presiden rezim Iran tampaknya berpikir dia bisa mengenakan jilbab di NYC juga. #MahsaAmini,” tweet Kalbasi.

Raisi berulang kali ditanya tentang kematian Amini selama briefing dengan wartawan pada Kamis pagi di mana para pejabat Iran awalnya mencoba membatasi topik negosiasi kesepakatan nuklir Iran dengan barat.

Raisi mengulangi klaim resmi bahwa Amini telah meninggal karena serangan jantung atau stroke saat dalam tahanan dan mengatakan kematian serupa dalam tahanan telah terjadi di AS dan Inggris.



Sedikitnya tiga perempuan yang hadir dalam pengarahan itu tidak mengenakan jilbab. Seorang reporter New York Times dilarang mengikuti pengarahan karena melaporkan bahwa pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei sakit parah.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Kamis, juru bicara New York Times mengatakan: “Media pemerintah Iran telah melaporkan komentar yang dibuat oleh seorang pejabat bahwa seorang koresponden New York Times harus 'mengakui kesalahan' dalam liputannya tentang Ayatollah Ali Khamenei untuk menghadiri konferensi pers dengan Presiden Raisi.”

“Kami mendukung pelaporan kami oleh Farnaz Fassihi tentang kesehatan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, yang dikuatkan oleh sumber-sumber senior. Pejabat Iran diberi kesempatan untuk mengomentari cerita kami dan memilih untuk tidak menanggapi,” tambah juru bicara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)