Demo soal Kematian Mahsa Amini Menyebar di 50 Kota Iran, Kantor Polisi Dibakar

Kamis, 22 September 2022 - 18:52 WIB
loading...
Demo soal Kematian Mahsa Amini Menyebar di 50 Kota Iran, Kantor Polisi Dibakar
Demo memprotes kematian Mahsa Amini pecah di Teheran, Iran. Demo serupa menyebar di 50 kota di Iran, dengan beberapa kantor polisi dibakar massa. Foto/WANA via REUTERS
A A A
TEHERAN - Demo memprotes kematian Mahsa Amini menyebar di 50 kota, termasuk di Ibu Kota Iran ; Teheran, pada Kamis (22/9/2022). Beberapa kantor polisi dibakar massa yang marah.

Mahsa Amini (22), wanita Kurdi Iran, meninggal Jumat pekan lalu setelah ditangkap oleh polisi moral di Teheran atas tuduhan berjilbab secara tidak pantas.

Sebelum meningal, Amini mengalami koma saat ditahan. Pihak berwenang mengatakan mereka akan meluncurkan penyelidikan terkait penyebab kematiannya.

Baca juga: Protes Kematian Mahsa Amini, Para Wanita Iran Lepas dan Bakar Jilbab

Kematian Amini memicu kemarahan besar di antara penduduk dan protes terburuk di Iran sejak 2019.

Awalnya, sebagian besar massa demonstran terkonsentrasi di wilayah barat laut yang berpenduduk Kurdi.

Namun, demo kini menyebar ke ibu kota dan setidaknya 50 kota besar dan kecil di seluruh negeri, di mana polisi menggunakan kekuatan untuk membubarkan pengunjuk rasa.

Akun Twitter @1500tasvir, yang berfokus pada protes Iran dan memiliki sekitar 100.000 pengikut, mem-posting video demo di timur laut Iran di mana para pengunjuk rasa berteriak di depan kantor polisi yang dibakar; "Kami akan mati, kami akan mati tetapi kami akan mendapatkan Iran kembali".

Kantor polisi lain yang dibakar massa berada di Teheran saat kerusuhan menyebar dari Kurdistan, provinsi asal Amini.

Para pemimpin Iran khawatir situasi saat ini akan membangkitkan protes besar seperti demo 2019 terkait kenaikan harga bensin. Demo 2019 merupakan protes paling berdarah dalam sejarah Republik Islam Iran, yang menurut Reuters menewaskan sekitar 1.500 orang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1899 seconds (10.101#12.26)