Wanita Iran Koma usai Ditangkap Polisi Moral, Sekarang Meninggal

Sabtu, 17 September 2022 - 09:59 WIB
loading...
Wanita Iran Koma usai Ditangkap Polisi Moral, Sekarang Meninggal
Mahsa Amini, wanita muda Iran yang sakit koma setelah ditangkap polisi moral di Teheran sekarang meninggal. Foto/Twitter via Al Arabiya
A A A
TEHERAN - Mahsa Amini, seorang wanita Iran berusia 22 tahun yang awal pekan ini mengalami koma tak lama setelah ditangkap polisi moral, telah meninggal.

Dia ditangkap polisi moral di Teheran karena mengenakan jilbab yang tidak pantas—laporan sebelumnya menyebutkan Amini tidak berjilbab.

Dia diduga dipukuli oleh petugas polisi moral sebelum akhirnya koma.

Amini pada awal pekan ini melakukan perjalanan dari provinsi Kurdistan ke Teheran untuk mengunjungi kerabatnya. Namun, dia ditangkap oleh polisi moral Iran, yang dikenal sebagai “Gasht-e Irsyad", karena mengenakan hijab yang tidak pantas—yaitu, tidak sepenuhnya menutupi rambutnya.

Baca juga: Wanita Muda Iran Koma setelah Ditangkap Polisi Moral karena Tak Berjilbab

Polisi Iran mengatakan Amini menderita masalah jantung saat ditahan—sebuah pernyataan yang ditolak oleh para aktivis.

Para aktivis mengatakan Amini dipukuli oleh petugas polisi moral.

“Polisi Teheran mengumumkan bahwa Mahsa Amini 'tiba-tiba menderita masalah jantung'—seolah-olah seorang wanita berusia 22 tahun mengalami serangan jantung yang menyebabkan koma dan cacat secara alami. Media Iran mempublikasikan omong kosong ini sebagai fakta,” kata Mahsa Alimardani, aktivis hak asasi manusia (HAM) ARTICLE 19 di Twitter.

Jilbab, yang diwajibkan bagi wanita di Iran tak lama setelah revolusi 1979 di negara itu, dianggap sebagai garis merah bagi para penguasa teokratis Iran. Wanita yang melanggar aturan berpakaian berisiko dilecehkan dan ditangkap oleh polisi moral Iran.

Berdasarkan aturan berpakaian, wanita diwajibkan untuk menutupi rambut mereka sepenuhnya di depan umum dan mengenakan pakaian yang panjang dan longgar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1784 seconds (10.101#12.26)