Berkat Lobi MBS, Rusia Bebaskan 10 Tawanan Perang Asing

Kamis, 22 September 2022 - 03:08 WIB
loading...
Berkat Lobi MBS, Rusia Bebaskan 10 Tawanan Perang Asing
Berkat Lobi MBS, Rusia Bebaskan 10 Tawanan Perang Asing. FOTO/Reuters
A A A
RIYADH - Rusia membebaskan 10 tawanan perang asing yang ditangkap di Ukraina, Rabu (21/9/2022). Pembebasan tawanan ini terjadi setelah adanya mediasi yang dilakukan oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS), kata Kementerian Luar Negeri Saudi .

“Para tahanan yang dibebaskan adalah warga negara Amerika Serikat (AS), Inggris, Kroasia, Maroko, dan Swedia,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters. Ditambahkan pula bahwa sebuah pesawat yang membawa para tahanan mendarat di kerajaan itu.



"Otoritas Saudi yang relevan menerima dan memindahkan mereka dari Rusia ke kerajaan dan memfasilitasi prosedur untuk negara masing-masing," lanjut pernyataan itu.

Kementerian tidak mengidentifikasi para tahanan. Seorang pejabat Saudi mengatakan mereka adalah lima warga Inggris, dua warga AS, seorang Kroasia, seorang Maroko, dan seorang berkebangsaan Swedia.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss memuji pembebasan warga negara Inggris di Twitter sebagai "berita yang sangat disambut baik" setelah "berbulan-bulan ketidakpastian dan penderitaan bagi mereka dan keluarga mereka."

Anggota parlemen Inggris Robert Jenrick mengatakan, Aiden Aslin termasuk di antara mereka yang dibebaskan. Dia ditangkap awal tahun ini kemudian dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di Republik Rakyat Donetsk (DPR), salah satu proksi Rusia di Ukraina timur.



Rusia juga membebaskan warga negara AS, Alexander Drueke (39) dan Andy Huynh (27), seorang perwakilan keluarga mengatakan kepada Reuters, Rabu. Pasangan itu, keduanya dari Alabama, ditangkap pada bulan Juni saat bertempur di Ukraina timur, di mana mereka pergi untuk mendukung pasukan Ukraina yang melawan invasi Rusia.

Sejumlah besar orang asing telah melakukan perjalanan ke Ukraina untuk berperang sejak invasi Rusia pada 24 Februari. Beberapa dari mereka telah ditangkap oleh pasukan Rusia, bersama dengan orang asing lainnya di negara itu yang mengatakan bahwa mereka bukan pejuang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)