Terima Telepon dari Putin dan Zelensky, MBS Siap Jadi Penengah

Jum'at, 04 Maret 2022 - 06:09 WIB
loading...
Terima Telepon dari Putin dan Zelensky, MBS Siap Jadi Penengah
Terima Telepon dari Putin dan Zelensky, MBS Siap Jadi Penengah. FOTO/Reuters
A A A
RIYADH - Putra Mahkota, Wakil Perdana Menteri, sekaligus Menteri Pertahanan Arab Saudi , Mohammed bin Salman bin Abdulaziz, menerima panggilan telepon dari Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis (3/3/2022.

Dalam panggilan telepon tersebut, keduanya membahas hubungan bilateral dan cara meningkatkannya di berbagai bidang. Mengenai krisis di Ukraina, MBS menjelaskan posisi yang dideklarasikan Kerajaan Saudi dan dukungannya untuk upaya-upaya yang mengarah pada solusi politik yang mengarah pada akhir dan mencapai keamanan dan stabilitas.



Seperti dilaporkan Saudi Press Agency, MBS tak hanya menerima panggilan telepon dari Putin, tapi juga dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. Selama percakapan dengan Zelenzky, MBS membahas krisis di Ukraina.

Dalam hal ini, MBS menegaskan dukungan Kerajaan untuk segala sesuatu yang berkontribusi untuk meredakan krisis, kesiapannya untuk mengerahkan upaya mediasi antara semua pihak, dan dukungannya untuk semua upaya internasional yang ditujukan untuk menyelesaikan krisis secara politik.

“Kerajaan siap untuk melakukan upaya untuk menengahi antara semua pihak,” ujarnya.



MBS juga mengindikasikan bahwa Kerajaan Arab Saudi, karena pertimbangan kemanusiaan, akan memperpanjang visa pengunjung, turis, dan penduduk Ukraina di Kerajaan, yang akan berakhir selama periode ini, selama tiga bulan yang dapat diperpanjang. Ia juga menegaskan bahwa Kerajaan Saudi sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan mereka.

Menyinggung dampak krisis Ukraina pada pasar energi, MBS menegaskan kembali keinginan Kerajaan Saudi untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas pasar minyak, menyoroti peran perjanjian OPEC+ dalam hal ini dan pentingnya mempertahankannya.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)