4 Perjanjian Damai Israel dan Palestina yang Pernah Dibuat

Rabu, 21 September 2022 - 16:25 WIB
loading...
A A A
Sayangnya, karena masa jabatan Clinton dan Barak segera berakhir, penyelesaian akhir dari pertemuan tersebut tidak mencapai hasil yang konkret.

3. Road Map Kuartet Perdamaian Timur Tengah 2003

Kuartet diplomatik yang terdiri dari PBB, Amerika Serikat, Federasi Rusia, dan Uni Eropa merilis Road Map sebagai bagian dari solusi permanen untuk konflik di Timur Tengah.

Dikutip dari laman United Nations, dalam pernyataan bersama Menteri Luar Negeri AS Colin Powell, Menteri Luar Negeri Rusia Igor Ivanov, dan beberapa perwakilan lain menyebut bahwa kuartet ini mempersembahkan kepada Pemerintah Israel dan Otoritas Palestina sebuah Road Map.

Adapun tujuannya sendiri untuk mewujudkan visi bersama Amerika Serikat, Uni Eropa, Federasi Rusia serta PBB agar Israel dan Palestina hidup berdampingan dalam damai dan keamanan.

Di Markas Besar PBB di New York, Sekretaris Jenderal menawarkan Road Map tersebut sebagai solusi untuk mengakhiri konflik yang panjang dan menyakitkan.

"Saya berharap, saat kami terus maju dengan implementasinya, kedua belah pihak akan menerimanya dan melihatnya sebagai peluang untuk mengakhiri konflik ini," papar Sekjen PBB.

4. Rencana Perdamaian Trump 2020

Pada 20 Januari 2020, Presiden Amerika Serikat Donald Trump pernah merilis Rencana Perdamaian Timur Tengah untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina yang sudah berlangsung sangat lama.

Dikutip dari laman Aljazeera, Trump menyebut rencana tersebut sebagai “Kesepakatan Abad Ini”. Dalam visi tersebut terdapat sekitar 181 halaman mencakup banyak perjanjian yang diusulkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)