Apakah Ratu Elizabeth II Pernah ke Indonesia?

Kamis, 15 September 2022 - 17:16 WIB
loading...
Apakah Ratu Elizabeth II Pernah ke Indonesia?
Momen Ratu Elizabbeth II menyambangi Jakarta dan disambut Gubernur Ali Sadikin. Foto: Associated Press Archive/IG @merekamjakarta
A A A
JAKARTA - Ratu Elizabeth II merupakan penguasa Kerajaan Inggris yang telah bertahta sekitar 70 tahun lamanya. Pada Jumat, (9/09/2022) sang Ratu meninggal dunia dalam usia 96 tahun.

Adapun kabar duka tersebut diumumkan secara langsung oleh pihak Istana Buckingham Palace di akun Twitternya. Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II telah banyak membangun dan membina hubungan baik antara Kerajaan Inggris dengan negara-negara lain di dunia, termasuk Indonesia.

Lantas, apakah Ratu Elizabeth II pernah datang langsung ke Indonesia? Jawabannya adalah pernah. Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, Ratu Elizabeth II pernah mengunjungi Jakarta pada tahun 1974.



Kala itu, sang Ratu bersama Pangeran Philip datang ke Indonesia dalam rangka Royal Tour. Dalam kunjungannya ke Jakarta, Ratu Elizabeth II disambut oleh Gubernur DKI Jakarta kala itu, yaitu Ali Sadikin.

Setelahnya, rombongan segera menuju ke tempat penginapan dengan pengawalan ketat dari Polisi Militer. Dalam agendanya, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip bertemu dengan Presiden Soeharto dan Ibu Tien di Istana Negara.

Selain Jakarta, Ratu Elizabeth II juga berkunjung ke Bali dan Yogyakarta. Di Jogja, dia beserta rombongan disambut Sultan Hamengkubuwono IX.

Dalam riwayatnya, hubungan Indonesia dan Kerajaan Inggris sendiri sudah terjalin cukup lama. Dikutip dari laman Kemlu RI, hubungan diplomatik antara Indonesia dan UK sudah terjalin sejak Desember 1949.



Pada perdagangan dua arah, UK merupakan salah satu mitra terbesar Indonesia. Di tahun 2013, nilainya mencapai USD 2,72 Miliar, kemudian di tahun 2015 sendiri mencapai USD 2,34 Miliar.

Selain itu, United Kingdom juga menjadi investor luar negeri terbesar ke-10 Indonesia. Adapun nilainya sendiri mencapai USD 1,59 Miliar pada 2014 dengan 182 proyek serta USD 503,22 juta di 2015 dengan 267 proyek.

Dalam riwayatnya, Kunjungan Tingkat Tinggi yang pernah diselenggarakan diantaranya adalah Ratu Elizabeth II ke Indonesia tahun 1974, kunjungan Presiden Soeharto ke UK pada 1979, kunjungan Presiden Abdurrahman Wahid tahun 2000, dan masih banyak lainnya.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)