Rayakan Dua Tahun Normalisasi, Menlu UEA Sambangi Israel

Kamis, 15 September 2022 - 16:54 WIB
loading...
Rayakan Dua Tahun Normalisasi, Menlu UEA Sambangi Israel
Menteri Luar Negeri UEA Abdullah Bin Zayed Al Nahyan. Foto/The Times of Israel
A A A
ABU DHABI - Diplomat top Uni Emirat Arab (UEA) tiba di Tel Aviv pada Rabu waktu setempat dalam kunjungan yang menandai dua tahun sejak hubungan kontroversial terjalin antara kedua negara. Demikian laporan media pemerintah UEA, WAM.

Dalam laporannya, WAM menyatakan, Menteri Luar Negeri Abdullah bin Zayed dijadwalkan bertemu dengan pejabat tinggi Israel selama perjalanan yang akan berlangsung selama beberapa hari.

"Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan, Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, hari ini tiba di Tel Aviv dalam kunjungan resmi ke Negara Israel," tulis WAM seperti dikutip dari Al Araby, Kamis (15/9/2022).

Baca: China Sumbang Rp15 Miliar untuk Pendidikan Warga Palestina

WAM melaporkan Menteri UEA itu akan bertemu dengan pejabat tinggi Israel untuk membahas sejumlah masalah yang menjadi perhatian bersama dan hal-hal yang berkaitan dengan hubungan UEA-Israel dan prospek kerja sama dan kemitraan mereka.

Sementara itu, menurut kantor perdana menteri Israel, Yair Lapid dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan Sheikh Abdullah.

UEA menormalkan hubungan dengan Israel pada September 2020 sebagai bagian dari Kesepakatan Abraham yang ditengahi Amerika Serikat (AS) yang juga diikuti oleh Bahrain dan Maroko.

Baca: Iran Berusaha Keras Gabung Blok Pimpinan Rusia dan China

Bin Zayed telah mengunjungi Israel pada bulan Maret sebagai bagian dari pertemuan tingkat tinggi di Negev bersama rekan-rekannya dari Israel, AS, Maroko dan Bahrain.

Pada akhir Mei, Israel dan UEA menandatangani kesepakatan perdagangan yang menghapus bea masuk atas 96 persen barang yang dikirim antara kedua negara.

Kesepakatan normalisasi kontroversial, yang melanggar konsensus Arab selama beberapa dekade, telah dikecam oleh faksi-faksi di Palestina sebagai pengkhianatan terhadap tujuan mereka.

Baca: Ini Penampakan Pria Yaman yang Umrah untuk Ratu Inggris Elizabeth II
(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1644 seconds (10.55#12.26)