Rusia Mulai Gunakan Drone Kamikaze Buatan Iran di Ukraina

Rabu, 14 September 2022 - 08:53 WIB
loading...
A A A


Terlebih pada saat yang sama menipisnya stok rudal jelajah dan balistik konvesional berarti Rusia sangat membutuhkan segala jenis senjata ofensif, bahkan yang relatif jarak pendek. Meskipun tidak memiliki kecanggihan dan kekuatan destruktif dari rudal, amunisi bunuh diri jarak jauh jauh lebih murah dan, jika dibeli dari Iran, tidak terpengaruh oleh sanksi yang menghalangi kemampuan Rusia untuk memproduksi senjata serang presisinya sendiri.

Ada juga kemungkinan bahwa Rusia akan melakukan produksi Shahed-136 sendiri yang berlisensi, dan mungkin juga drone rancangan Iran lainnya. Memang, fakta bahwa puing-puing pesawat tak berawak menampilkan nama Rusia dapat menunjukkan bahwa rencana tersebut sudah dalam pengerjaan, atau mungkin merupakan upaya untuk menyembunyikan asal-usul pesawat tak berawak buatan Iran. Ini tidak akan sepenuhnya berbeda dengan bagaimana Iran melakukan bisnis dengan beberapa proksinya, seperti Houthi, di mana setidaknya beberapa tingkat perakitan drone domestik, dengan bantuan Iran, telah berlangsung selama bertahun-tahun sekarang.

Selain itu, segala jenis drone bersenjata akan membantu Rusia mengimbangi Angkatan Bersenjata Ukraina di bidang ini, yang sejauh ini telah mengambil peran utama dalam menggunakan pesawat tak berawak sebagai senjata dalam konflik. Sejauh ini, drone Rusia, dari produksi dalam negeri, telah digunakan terutama untuk pengawasan, meskipun ada juga catatan amunisi berkeliaran yang relatif tidak efektif telah digunakan juga.

Pada saat yang sama, pengiriman senjata ini dari Iran dapat membuka pintu ke negara itu menjadi sumber senjata yang jauh lebih penting bagi Rusia karena berjuang untuk mempertahankan stok senjata dan menegaskan kembali dirinya di medan perang di Ukraina.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)