Rusia Mulai Gunakan Drone Kamikaze Buatan Iran di Ukraina

Rabu, 14 September 2022 - 08:53 WIB
loading...
Rusia Mulai Gunakan Drone Kamikaze Buatan Iran di Ukraina
Puing-puing drone Iran yang ditembak jatuh militer Ukraina. Foto/AP
A A A
KIEV - Pejabat Ukraina mengklaim berhasil menghancurkan contoh pertama dari drone Iran yang digunakan oleh Rusia dalam perang. Pernyataan itu didukung oleh foto-foto yang menunjukkan puing-puing yang tampaknya seperti drone Iran yang ditemukan di Ukraina timur.

Temuan ini tampaknya mengkonfirmasi bahwa drone buatan Iran tidak hanya dikirim ke Rusia tapi sekarang digunakan dalam pertempuran, termasuk dalam misi penyerangan.

Menurut sebuah pernyataan di saluran Telegram Komunikasi Strategis Angkatan Bersenjata Ukraina, pesawat tak berawak yang dimaksud adalah UAV kamikaze jarak jauh Shahed-136, yang dikatakan telah dihancurkan oleh pertahanan udara Ukraina di dekat Kupyansk, di Kharkiv.

“Analisis penampilan elemen sayap drone memungkinkan kami untuk dengan yakin menyatakan bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina menghancurkan UAV Iran untuk pertama kalinya,” tambah pernyataan itu seperti dikutip dari The Drive, Rabu (14/9/2022).

Unggahan Telegram itu disertai dengan gambar yang sama dari reruntuhan pesawat tak berawak yang juga muncul di media sosial, termasuk di saluran resmi Kementerian Pertahanan Ukraina. Puing-puing itu tidak diragukan lagi sangat mirip dengan seri Shahed-136. Stabilizer vertikal dari ujung salah satu sayap delta drone yang terlihat di beberapa gambar adalah fitur khusus dari Shahed-136 dan desain lainnya terkait dengan Iran.

Baca: Rusia Minta Barat Buktikan Moskow Cari Senjata ke Iran dan Korut

Menariknya, tampaknya Rusia telah menamai drone ini Geran-2, yang berarti 'geranium-2'. Ini akan sesuai dengan tradisi Rusia menamakan artilerinya setelah berbunga. Ini lebih lanjut dapat menunjukkan bahwa drone memang digunakan sebagai amunisi, dilengkapi dengan hulu ledak, untuk menyerang target Ukraina di darat, daripada peran lain seperti pengawasan atau bertindak sebagai umpan.

Adapun drone Shahed-136 adalah salah satu anggota dari keluarga desain drone yang berasal dari sekitar tahun 2014. Selain digunakan secara luas di Iran, drone ini juga telah didistribusikan ke proksi Teheran seperti yang beroperasi di Irak, Suriah, dan Yaman.

Sebelumnya, intelijen Amerika Serikat (AS) melaporkan bahwa Iran bersiap untuk mengirimkan ratusan drone ke Rusia dan bersiap melatih pasukan Rusia untuk menggunakannya.

Kemunculan drone penyerang ini di tangan Rusia adalah hal signifikan dan dapat memiliki beberapa dampak besar. Keberadaan drone ini menyediakan sarana bagi Rusia untuk menyerang berbagai target Ukraian, termasuk secara massal, jarak jauh, dan bahkan berpotensi meluncurkan serangan balas denam yang konstan di daerah berpenduduk padat yang terletak jarak terukur dari garis depan seperti Kiev.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1674 seconds (10.101#12.26)