Duo Pemimpin Separatis Muslim Filipina Bersatu untuk Bangun Mindanao

Selasa, 13 September 2022 - 10:33 WIB
loading...
A A A
Ketua Pendiri MNLF Nur Misuari, dan Ketua MILF Ahod “Al-Haj Murad” Ebrahim duduk bersama untuk pertemuan pada Minggu (11/9/2022) di rumah Nur di Davao City.

Keduanya sepakat bersatu untuk perdamaian dan membuka jalan bagi rekonsiliasi.

“Itu sangat penting karena kita telah melihat di masa lalu bahwa dia (Misuari) tidak benar-benar bekerja sama. Saya pikir ini adalah pertama kalinya dia sendiri menyatakan dukungan,” ujar Ebrahim kepada Arab News, Senin.

"Itu adalah berita yang sangat bagus, sikap yang baik karena saya benar-benar ingin kita semua bekerja sama," papar dia.

Dalam pertemuan itu, Ebrahim mengatakan dia mengatakan kepada Misuari bahwa proses perdamaian Bangsamoro adalah “buah” dari perjuangan regional.

“Ini bukan hanya perjuangan MILF, tapi juga perjuangan MNLF,” papar dia.

“Meskipun Ebrahim dan Misuari telah bertemu pada beberapa kesempatan sebelumnya, termasuk di suatu acara pada tahun 2019, pertemuan Minggu adalah pertama kalinya sejak 1977 bahwa kedua pemimpin duduk untuk berdiskusi,” ujar putri Misuari, Nur-Ainee Tan Lim, yang membantu mengatur acara tersebut, mengatakan kepada Berita Arab.

“Itu sangat emosional karena sudah 46 tahun sejak para pemimpin puncak MNLF dan MILF benar-benar mengadakan pertemuan sebesar itu,” ungkap Lim.

“Mereka bisa merasakan momen luar biasa dan momen bersejarah yang terjadi di sana,” ujar dia.

Lim mengatakan pertemuan itu “bukan sesuatu yang terjadi dalam semalam,” dan telah mengikuti kerja keras dan ketekunan bertahun-tahun, serta “banyak meyakinkan” dari kedua belah pihak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)