Sekjen NATO Peringatkan Ukraina Bisa Runtuh Jika Tak Lakukan Ini

Sabtu, 10 September 2022 - 05:15 WIB
loading...
Sekjen NATO Peringatkan Ukraina Bisa Runtuh Jika Tak Lakukan Ini
Tentara Ukraina berjaga di parit perlindungan di Ukraina timur. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg memperingatkan Ukraina sedang menuju musim dingin yang sulit.

Dalam pernyataan Kamis (8/9/2022), dia mendesak Kiev terus berperang melawan Rusia. “Jika tidak, negara itu mungkin tidak ada lagi sebagai negara merdeka,” papar dia.

“Jika Presiden (Vladimir) Putin dan Rusia berhenti berperang, maka kita akan memiliki perdamaian. Jika Ukraina berhenti berperang, maka Ukraina akan tidak ada lagi sebagai negara merdeka,” ujar Stoltenberg kepada AP di sela-sela pertemuan pimpinan Amerika Serikat (AS) di Ramstein, Jerman yang mempertemukan para pendukung asing Ukraina.



“Kita perlu setidaknya bersiap untuk musim dingin ini,” papar Stoltenberg, menambahkan Barat harus “terus memberikan dukungan,” termasuk seragam musim dingin yang sesuai, serta generator dan tenda.

“Musim dingin akan datang, dan musim dingin akan sulit di medan perang di Ukraina. Kita tahu ukuran tentara Ukraina sekarang kira-kira tiga kali lebih besar dari musim dingin lalu,” ujar Stoltenberg.

Namun, bos NATO mengklaim, “Perang di Ukraina mendekati momen penting.”

Dia menegaskan serangan Rusia yang sedang berlangsung telah “berhenti” di Donbass dan di tempat lain. “Kami melihat Ukraina telah mampu melawan, menyerang balik dan mendapatkan kembali beberapa wilayah,” ungkap dia.

Moskow telah berulang kali mendesak AS dan negara-negara Barat lainnya untuk berhenti "memompa" Ukraina dengan senjata dan perangkat keras militer lainnya.

Pejabat tinggi Rusia bersikeras dukungan terus menerus pada Kiev hanya akan memperpanjang pertumpahan darah tanpa mengubah hasil akhir dari konflik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)