Polandia Dituding Incar Lebih Banyak Wilayah Negara Tetangga Ceko

Sabtu, 10 September 2022 - 00:30 WIB
loading...
Polandia Dituding Incar Lebih Banyak Wilayah Negara Tetangga Ceko
Tentara Polandia membangun pagar di perbatasan antara Polandia dan Belarusia di dekat desa Nomiki, Polandia, 26 Agustus 2021. Foto/REUTERS/Kacper Pempel
A A A
WARSAWA - Pemerintah Polandia dituding mengintensifkan upaya membuat perbatasan negara dengan Republik Ceko digambar ulang dengan cara yang lebih menguntungkan Warsawa.

Tudingan itu diungkapkan surat kabar Rzeczpospolita pada Kamis (8/9/2022).

Demarkasi perbatasan terjadi pada 1950-an, ketika hasil Perang Dunia II sedang diselesaikan.

Polandia dan yang saat itu adalah Cekoslowakia, keduanya bagian blok Komunis pada saat itu, memperdebatkan beberapa wilayah.



Polandia yakin tidak menerima bagian yang adil. “Warsawa ingin mendapatkan kompensasi seluas 368,44 hektar,” ungkap surat kabar itu.

Anggota parlemen Polandia Jaroslaw Krajewski dari Partai Hukum dan Keadilan (PiS) yang berkuasa, mengatakan kepada Rzeczpospolita bahwa Polandia berhak menolak proposal Ceko 2005 untuk menyelesaikan masalah dengan membayar kompensasi.

Polandia dan Ceko memiliki dendam sejarah atas sebagian tanah di wilayah Cieszyn Silesia, yang terbagi pada 1920-an, setelah pembubaran Kekaisaran Austro-Hungaria.

Warsawa juga mengambil kesempatan merebut bagian wilayah Ceko yang disengketakan yang disebut Trans-Olza atau Zaolzie, ketika Nazi Jerman menginvasi Cekoslowakia pada 1938 di bawah Perjanjian Munich dengan Inggris dan Prancis.

Setelah Nazi Jerman dikalahkan, Polandia mengembalikan kedaulatan atas tanah tersebut ke Cekoslowakia, dengan perjanjian yang ditandatangani pada 1958 yang menegaskan status quo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)