Fakta Tak Biasa Raja Charles III: Bebas ke Luar Negeri Tanpa Paspor, Ultah 2 Kali Setahun

Jum'at, 09 September 2022 - 14:25 WIB
loading...
Fakta Tak Biasa Raja Charles III: Bebas ke Luar Negeri Tanpa Paspor, Ultah 2 Kali Setahun
Raja Charles III, penguasa baru Kerajaan Inggris, bersama istrinya; Camilla. Sebagai raja, Charles tak butuh paspor untuk bepergian ke luar negeri. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Raja Charles III menjadi penguasa baru monarki Inggris menggantikan ibunya, Ratu Elizabeth II , yang meninggal Kamis waktu setempat. Ada beberapa fakta tak biasa tentang sang penguasa baru, salah satunya bebas bepergian ke luar negeri tanpa paspor.

Charles adalah anak pertama dari mendiang Ratu Elizabeth II dan sang suami; Pangeran Philip. Sebagai anak lelaki pertama, dia berada di garis pertama suksesi monarki dan kini menjadi raja.

Lebih lengkap, berikut daftar fakta yang tidak biasa tentang raja baru Inggris sebagaimana dikutip dari AFP, Jumat (9/9/2022).

1. Tidak Butuh Paspor

Raja Charles III akan bebas bepergian ke luar negeri tanpa paspor karena, tidak seperti anggota keluarga kerajaan lainnya, dia tidak memerlukannya lantaran dokumen yang akan dikeluarkan atas namanya.



Pembukaan dalam setiap dokumen sekarang akan menyatakan: "Sekretaris Negara Yang Mulia meminta dan mewajibkan atas nama Yang Mulia semua orang yang berkepentingan untuk mengizinkan pembawa lewat dengan bebas tanpa izin atau halangan dan untuk memberi pembawa bantuan dan perlindungan yang mungkin diperlukan."

2. Tak Butuh SIM

Untuk alasan yang sama, raja akan menjadi satu-satunya orang di Inggris yang bebas mengemudi tanpa surat izin mengemudi (SIM).

3. Dua Kali Ultah Setiap Tahun
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)