Profil Ratu Elizabeth II, Ratu Terlama yang Berkuasa di Inggris

Jum'at, 09 September 2022 - 05:01 WIB
loading...
Profil Ratu Elizabeth II, Ratu Terlama yang Berkuasa di Inggris
Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Jumat (9/9/2022) dalam usia 96 tahun. Foto/publicnewstime
A A A
JAKARTA - Awan duka menggelayuti Inggris. Ratu Elizabeth II, sang penguasa takhta Kerajaan Inggris menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat (9/9/2022) di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 96 tahun. Sebelumnya, dokter telah menempatkannya dalam pengawasan setelah kondisi kesehatan ratu yang telah berkuasa 70 tahun itu dalam kondisi mengkhawatirkan.

Ratu Elizabeth II terlahir dengan nama Putri Elizabeth Alexandra Mary pada 21 April 1926, di London, dari pasangan Pangeran Albert, Duke of York (kemudian dikenal sebagai Raja George VI), dan Elizabeth Bowes-Lyon.

Ketika kakek Elizabeth, George V, meninggal pada tahun 1936, putra sulungnya (paman Elizabeth) menjadi Raja Edward VIII. Edward, bagaimanapun, jatuh cinta dengan janda Amerika Wallis Simpson, dan harus memilih antara mahkota dan hatinya. Pada akhirnya, Edward memilih Simpson dan turun tahta.

Peristiwa itu mengubah jalan hidupnya, menjadikannya pewaris mahkota Inggris. Ayahnya dimahkotai Raja George VI pada tahun 1937, mengambil nama George untuk menekankan kesinambungan dengan ayahnya. Ibunya menjadi Ratu Elizabeth; pada kematian Raja George pada tahun 1952, ia menjadi Ibu Suri dan putrinya menjadi Ratu Elizabeth II.



Elizabeth kemudian menikahi sepupu jauhnya Philip Mountbatten (nama keluarga yang diadopsi dari pihak ibunya) pada 20 November 1947, di Westminster Abbey London.

Dari pernikahan ini, pasangan tersebut memiliki 4 anak dengan tiga pria dan satu wanita. Putra pertama mereka, Charles lahir pada tahun 1948. Anak keduanya, Anne, lahir pada tahun 1950. Dua anak lainnya, Andrew dan Edward, masing-masing pada tahun 1960 dan 1964.

Pada bulan April 2021, Ratu Elizabeth II dan keluarga kerajaan Inggris mendapat pukulan. Pangeran Philip meninggal dunia pada 9 April 2021.

Ratu Elizabeth II menjadi ratu Inggris pada 6 Februari 1952, dan dimahkotai pada 2 Juni 1953 dalam usia 25 tahun. Penobatannya sebagai Ratu Inggris dilakukan di Westminster Abbey, pada usia 25 tahun.

Elizabeth sebenarnya telah memikul tanggung jawab raja yang berkuasa pada 6 Februari 1952, ketika ayahnya, Raja George VI, meninggal. Untuk pertama kalinya, upacara penobatan disiarkan di televisi, memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia untuk menyaksikan kemegahan dan tontonan acara tersebut.



Sebagai raja terlama dalam sejarah Inggris, ia telah mencoba membuat pemerintahannya lebih modern dan sensitif terhadap perubahan publik sambil mempertahankan tradisi yang terkait dengan mahkota.

Ia telah memodernisasi monarki, menghilangkan beberapa formalitasnya dan membuat situs serta harta karun tertentu lebih mudah diakses oleh publik.

Ratu Elizabeth II juga tetap teguh dalam menjalankan kewajiban kerajaannya saat dia melewati ulang tahunnya yang ke-90. Dia terus membuat lebih dari 400 keterlibatan per tahun, mempertahankan dukungannya terhadap ratusan organisasi dan program amal.

Namun, pada akhir tahun 2017 monarki mengambil apa yang dianggap sebagai langkah besar menuju transisi ke generasi berikutnya: Pada 12 November, Charles menangani tugas Minggu Peringatan tradisional menempatkan karangan bunga di peringatan perang Cenotaph, ketika ratu menyaksikan dari balkon terdekat.

Sepanjang kekuasaannya, Ratu Elizabeth II memiliki 14 perdana menteri yang ditempatkan ke dalam kekuasaan selama masa pemerintahannya, dengan ratu dan PM mengadakan pertemuan rahasia mingguan. Ia juga telah bertemu sekitar seperempat dari semua presiden Amerika Serikat (AS) dalam sejarah, yang terakhir menerima Joe Biden pada Juni 2021.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)