PM Sharif: Setelah Banjir, Pakistan Terlihat Seperti Laut

Rabu, 07 September 2022 - 20:05 WIB
loading...
PM Sharif: Setelah Banjir, Pakistan Terlihat Seperti Laut
PM Sharif: Setelah Banjir, Pakistan Terlihat Seperti Laut. FOTO/Reuters
A A A
KOLOMBO - Perdana Menteri Pakistan , Shehbaz Sharif mengatakan negerinya terlihat seperti laut, karena banjir yang melanda negara itu. Hal itu diungkapkan Sharif, setelah ia mengunjungi beberapa daerah yang dilanda banjir yang mencakup sepertiga dari negara itu, Rabu (7/9/2022).

Seperti dilaporkan Reuters, korban tewas bertambah 18 jiwa. Ini menjadikan total korban tewas akibat banjir parah menyentuh angka 1.343 jiwa. Sebanyak 33 juta dari populasi 220 juta jiwa telah terkena dampak bencana yang disebabkan oleh perubahan iklim.



Banjir juga menyebabkan ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggal dan menyebabkan kerugian setidaknya USD10 miliar, para pejabat memperkirakan.

"Anda tidak akan percaya skala kehancuran di sana," kata Sharif kepada media setelah kunjungan ke provinsi selatan Sindh. "Ini adalah air di mana-mana sejauh yang Anda bisa lihat. Ini seperti laut," lanjutnya.

Pemerintah, yang telah meningkatkan pemberian uang tunai untuk korban banjir menjadi 70 miliar rupee Pakistan (USD313,90 juta), akan membeli 200.000 tenda untuk menampung keluarga yang kehilangan tempat tinggal, tambahnya.

“Air surut mengancam tantangan baru dalam bentuk penyakit menular yang terbawa air. Kita akan membutuhkan triliunan rupee untuk mengatasi bencana ini," jelas Sharif.



PBB telah meminta bantuan USD 160 juta untuk membantu para korban banjir. Banyak dari mereka yang terkena dampak berasal dari Sindh, di mana danau air tawar terbesar di Pakistan hampir meluap, bahkan setelah dilanggar dalam operasi yang menyebabkan 100.000 orang mengungsi.

Pejabat bencana nasional mengatakan, 8 anak termasuk di antara yang tewas dalam 24 jam terakhir. Banjir tersebut disebabkan oleh rekor hujan monsun dan pencairan gletser di pegunungan utara Pakistan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)