China Terbangkan Drone Tenaga Surya Mirip Satelit di Dekat Luar Angkasa

Senin, 05 September 2022 - 15:09 WIB
loading...
China Terbangkan Drone Tenaga Surya Mirip Satelit di Dekat Luar Angkasa
Drone Qimingxing 50 berhasil diuji coba. Foto/Liu Feng/Chinadaily
A A A
BEIJING - China berhasil menguji drone besar pertamanya yang ditenagai secara eksklusif oleh energi matahari, dan dirancang untuk terbang di dekat luar angkasa.

Kabar tersebut diungkap perusahaan pesawat milik negara pada Sabtu (3/9/2022). Kendaraan tersebut dapat memenuhi beberapa fungsi yang saat ini dilakukan satelit.

Menurut Aviation Industry Corporation of China (AVIC), kendaraan bernama Qimingxing 50, atau Bintang Kejora 50 itu lepas landas di kota Yulin, di barat laut China, dan mendarat dengan selamat setelah penerbangan 26 menit.

“Setelah penerbangan perdananya, semua komponen sistem UAV dalam kondisi baik. Drone memiliki rasio aspek super tinggi dan konfigurasi pesawat kembar pertama untuk ukurannya, dan hanya digerakkan oleh tenaga surya,” papar perusahaan itu.

Baca juga: Jika Perang dengan China Pecah, Ada 3.500 Target Empuk di Taiwan

Menurut rilis, pesawat didorong enam motor listrik dan dirancang melakukan operasi jangka panjang di dekat luar angkasa.

Zhu Shengli, kepala perancang drone, menyebutnya sebagai "satelit kuasi".

Dia menambahkan pesawat dapat memulai berbagai operasi, termasuk pengintaian ketinggian tinggi, pemantauan kebakaran hutan, inspeksi lingkungan atmosfer, pemetaan udara, dan relai sinyal komunikasi.

Dia mengatakan drone bertenaga surya akan meningkatkan kemampuan operasional China di dekat luar angkasa dan di atas lautan.

Menurut sejumlah ahli, pada ketinggian 20.000 meter atau lebih tinggi, di mana tidak ada awan, drone dapat menggunakan panel surya secara maksimal, yang memungkinkan kendaraan untuk tetap mengudara selama peralatan suryanya beroperasi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1912 seconds (11.210#12.26)