AS Prihatin India Ikut Latihan Militer Gabungan dengan Rusia

Jum'at, 02 September 2022 - 05:15 WIB
loading...
AS Prihatin India Ikut Latihan Militer Gabungan dengan Rusia
AS Prihatin India Ikut Latihan Militer Gabungan dengan Rusia. FOTO/Reuters
A A A
NEW DELHI - Prajurit dari tentara India telah mendarat di Rusia untuk latihan militer selama seminggu, Kementerian Pertahanan India menyatakan pada Kamis (1/9/2022). Ini terjadi beberapa hari setelah Amerika Serikat (AS) mengatakan mereka khawatir tentang negara mana pun yang berlatih dengan Rusia.

Pemerintah India mengatakan bahwa pasukannya secara teratur berpartisipasi dalam latihan multilateral di Rusia, bersama dengan sejumlah negara lain. Rusia adalah pemasok perangkat keras militer terbesar ke India.



“Sebuah kontingen Angkatan Darat India tiba di lokasi latihan dan selama tujuh hari ke depan akan melakukan manuver bersama untuk memasukkan latihan lapangan bersama, diskusi tempur, dan latihan senjata," kata Kementerian Pertahanan India dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, Moskow mengumumkan pada akhir Juli bahwa mereka akan mengadakan latihan "Vostok" (Timur) di timur negara itu, meskipun mengobarkan perang selama enam bulan di Ukraina. Selain India, militer dari Azerbaijan, Aljazair, Armenia, Belarus, Kazakhstan, Kirgistan, Cina, Laos, Mongolia, Nikaragua, Suriah, dan Tajikistan akan berpartisipasi dalam latihan tersebut.

AS, yang telah memperdalam kemitraan militernya dengan India dalam beberapa tahun terakhir, telah menunjukkan ketidaknyamanannya dengan pasukan India yang bergabung dalam latihan di Rusia.

"Amerika Serikat memiliki kekhawatiran tentang negara mana pun yang berolahraga dengan Rusia sementara Rusia mengobarkan perang brutal yang tidak beralasan melawan Ukraina," Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre. "Tapi, tentu saja, setiap negara peserta akan membuat keputusannya sendiri," lanjutnya.



Ketika ditanya mengapa AS tidak menekan India untuk melewatkan latihan dan apakah Washington akan mengambil tindakan, Jean-Pierre berkata: "Saya tidak punya hal lain untuk dibagikan. Tapi kami cukup terbuka - saya telah ditanyai pertanyaan ini. dengan negara lain juga, dan kami cukup konsisten dalam pernyataan kami."

Latihan dimulai di Distrik Militer Timur Jauh Siberia dan wilayah perairan dan zona pesisir Laut Jepang dan Laut Okhotsk, Samudra Pasifik Barat. Lebih dari 2.000 tentara China bergabung pada latihan gabungan ini.

China mengirim unit tentara Angkatan Laut dan Angkatan Udara di bawah Komando Teater Utara untuk berpartisipasi dalam Vostok 2022 (Timur 2022) yang dimulai Rabu di Rusia, harian Global Times melaporkan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)