Bawa Misi Cegah Kecelakaan Nuklir, Tim IAEA Tiba di Zaporizhzhia

Kamis, 01 September 2022 - 00:08 WIB
loading...
Bawa Misi Cegah Kecelakaan Nuklir, Tim IAEA Tiba di Zaporizhzhia
Bawa misi cegah kecelakaan nuklir, tim IAEA tiba di Zaporizhzhia. Foto/TRT
A A A
KIEV - Kepala Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) mengatakan inspektur PBB dalam perjalanan ke pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)yang dikuasai Rusia di garis depan pertempuran di Ukraina selatan bertujuan untuk mencegah "kecelakaan nuklir".

Misi tersebut telah tiba di kota Zaporizhzhia, Ukraina, 55 kilometer dari pabrik, pada Rabu (31/8/2022) pagi.

Ditanya tentang rencana zona demiliterisasi di pabrik - permintaan yang didukung oleh PBB - Direktur IAEA Rafael Grossi mengatakan ini adalah masalah kemauan politik.

"Tetapi misi saya - saya pikir sangat penting untuk menetapkan (ini) dengan sangat jelas - misi saya adalah misi teknis," katanya kepada wartawan.

"Ini adalah misi yang berusaha untuk mencegah kecelakaan nuklir. Dan untuk menjaga (pembangkit listrik tenaga nuklir) yang penting ini," imbuhnya seperti dikutip dari TRT, Kamis (1/9/2022).

Nasib PLTN terbesar di Eropa, yang terletak di garis depan pertempuran, telah memicu kekhawatiran akan bencana nuklir.



Tim beranggotakan 14 orang, yang dipimpin langsung oleh Grossi, diperkirakan akan melanjutkan perjalanan terakhirnya ke pabrik yang dikuasai Rusia pada Kamis pagi dalam rute melalui wilayah yang diduduki Rusia.

Sebelumnya pada hari itu, Grossi mengatakan tim ahli berencana untuk menghabiskan "beberapa hari" di pabrik dan akan melaporkan kembali setelahnya. Dia mengatakan tim telah menerima jaminan keamanan eksplisit untuk perjalanan mereka ke PLTN.

"Ini adalah operasi yang sangat kompleks," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)