Mikhail Gorbachev, Runtuhnya Tembok Berlin dan Hancurnya Uni Soviet

Rabu, 31 Agustus 2022 - 07:24 WIB
loading...
A A A
Runtuhnya Tembok Berlin menandai awal era baru, berakhirnya Perang Dingin dan dunia bipolar, serta membuka jalan bagi penyatuan kembali Jerman pada tahun 1990.

Hancurnya Uni Soviet

Demokratisasi parsial masyarakat Soviet di bawah Gorbachev menyebabkan lonjakan sentimen nasionalis dan anti-Rusia di sebagian besar dari 15 republik Soviet.

Tapi dorongan untuk kemerdekaan ini tidak selalu damai. Dalam beberapa kesempatan, Moskow memerintahkan penggunaan kekuatan terhadap kerusuhan yang disertai kekerasan, karena jalur nasionalis di daerah-daerah tertentu dipandang mampu melahirkan kekerasan yang jauh lebih besar di masa depan jika pemerintah gagal bertindak.

Namun, penggunaan kekuatan hanya menyebabkan protes yang lebih besar.

Konflik beku di kantong etnis di seluruh negeri, seperti Nagorno-Karabakh dan Trans-Dniester, serta perang 2008 di Ossetia Selatan, adalah warisan dari peristiwa tersebut.

Di tengah meningkatnya ketegangan di dalam Uni Soviet, Gorbachev berusaha merancang perjanjian serikat pekerja baru.

Namun, sekelompok pejabat tinggi Soviet garis keras, yang menyebut diri mereka Komite Negara untuk Keadaan Darurat, berusaha melakukan kudeta dan menggulingkan Gorbachev dari kekuasaan untuk mencegah penandatanganan perjanjian serikat pekerja yang baru.

Kudeta tersebut gagal, tetapi hal itu mendorong Gorbachev membubarkan Komite Sentral Partai Komunis Uni Soviet dan mengundurkan diri sebagai Sekretaris Jenderal partai, serta membubarkan semua departemen partai dalam struktur pemerintahan, sehingga secara efektif mengakhiri kekuasaan Komunis di Uni Soviet dan menghilangkan kekuatan politik pemersatu utamanya.

Uni Soviet runtuh dengan kecepatan dramatis selama bagian akhir tahun 1991, ketika satu demi satu republik Soviet mendeklarasikan kemerdekaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)