Dituduh Berkhianat, Eks Wartawan Rusia Ivan Safronov Dituntut 24 Tahun Penjara

Selasa, 30 Agustus 2022 - 22:53 WIB
loading...
Dituduh Berkhianat, Eks Wartawan Rusia Ivan Safronov Dituntut 24 Tahun Penjara
Mantan wartawan terkemuka Rusia, Ivan Safronov, dituntut 24 tahun penjara atas tuduhan pengkhianatan. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Jaksa Rusia , pada Selasa (30/8/2022), menuntut mantan wartawan Ivan Safronov dengan hukuman 24 tahun penjara atas tuduhan pengkhianatan atau makar.

Safronov merupakan mantan wartawan yang dihormati. Dia juga pernah menjadi ajudan kepala Badan Antariksa Rusia atau Roscosmos.

Dia melakukan pengkhianatan karena diduga berbagi rahasia militer Rusia.



Pengadilan terhadapnya digelar ketika media independen dan LSM menghadapi tekanan yang meningkat di Rusia, terutama sejak dimulainya intervensi militer Moskow di Ukraina pada Februari.

"Jaksa meminta untuk menghukum Ivan selama 24 tahun di koloni hukuman rezim yang ketat," kata pengacara Safronov, Dmitry Katchev, kepada kantor berita RIA Novosti setelah sidang tertutup.

Safronov (32) telah bekerja selama bertahun-tahun untuk surat kabar bisnis Kommersantdan Vedomosti dan merupakan salah satu jurnalis paling dihormati di Rusia yang meliput pertahanan.

Dia ditangkap pada Juli 2020, setelah meninggalkan jurnalisme untuk bertugas sebagai ajudan kepala Roscosmos.

Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia menuduh Safronov mengumpulkan informasi rahasia tentang militer Rusia, pertahanan dan keamanan dan menyerahkannya kepada intelijen negara anggota NATO.

Safronov menyebut persidangan itu sebagai "parodi keadilan yang lengkap" dan menyangkal kesalahannya.

Mantan jurnalis itu mengatakan bahwa pelaporannya didasarkan pada analisis sumber terbuka dan percakapan dengan para pejabat, menambahkan bahwa dia belum diberi tahu apa yang merupakan pengkhianatan dalam kasusnya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)