Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Israel dan Bani Israil

Selasa, 30 Agustus 2022 - 01:02 WIB
loading...
Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Israel dan Bani Israil
Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Israel dan Bani Israil. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Israel dan Bani Israil , terdengar sama. Namun jangan sampai salah, keduanya jelas sangat berbeda. Kedua hal ini sangat menarik untuk dibahas.

Israel ialah sebuah negara yang dikelilingi oleh Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir, dan Gurun Pasir Sinai. Ibu kota Israel ialah Yerusalem. Israel adalah nama negara yang diinisiasi oleh zionisme internasional untuk menampung yahudi.



Diaspora di seluruh dunia mengambil nama Israel untuk mendekatkan secara ideologis dengan keyakinan yahudi dan menyambungkan dengan keturunan israil. Sejatinya yahudi yang menjajah palestina saat ini tidak ada kaitannya dengan bani israil.

Zionis adalah penganut paham dan gerakan Zionisme. Zionisme ini berasal dari kata Zio, yaitu nama bukit yang ada di kawasan Jerusalem (Al-Quds). Zionisme adalah gerakan nasionalis Yahudi Internasional yang menghasilkan negara Israel di Wilayah Palestina.

Secara singkat bisa dikatakan bahwa Zionisme adalah suatu paham dan gerakan yang bersifat politis, rasial, dan ekstrim yang bertujuan untuk menegakan negara khusus bagi Bangsa Yahudi di Palestina. Dengan demikian Zionisme sama sekali tidak ada kaitannya dengan yahudi.



Lantas, siapa yang disebut Bani Israil itu?

Bani israil merupakan nama panggilan bagi kaum keturunan Israil atau Israel. Istilah Israil ini dinisbahkan kepada Nabi Ya’kub bin Ishak AS. Dari bangsa israil ini terdapat dua belas keturunan yakub. Kedua belas keturunan yakub diantaranya ialah Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Dan, Naftali, Gad, Asyer, Isakhar,Zebulon, Yusuf, dan Benyamin.

Yakub menerima nama baru yakni Israel, dengan demikian semua keturunannya menjadi bangsa Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)